Pengantar Krisis Pangan Dunia Eps. 1 : Prolog

“For years, we've been able to take the food we eat for granted. We go to the supermarkets and it's all there, at a cost that most of us can afford. And then, of course, there's the huge variety. But in the last few years there've been warning signs that all that is about to change.” – BBC Future of Food

Pertambahan jumlah penduduk dunia membuat isu ketersediaan pangan menjadi isu yang sangat krusial. Permasalahan pangan tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga terjadi di seluruh dunia. Apa yang sebenarnya terjadi?
Photograph by John Stanmeyer - National Geographic
Pengantar Krisis Pangan Dunia adalah posting berseri yang akan menceritakan tentang berbagai permasalahan pangan yang terjadi di dunia, terinspirasi oleh documentary series BBC Future of Food. Dokumenter ini hanya terdiri dari tiga episode yang masing-masing episodenya memiliki durasi sekitar 1 jam. Meski demikian, apa yang sebenarnya disampaikan dalam dokumenter ini menurut saya sangat lengkap dan berhasil merangkum beberapa masalah kritis dalam krisis pangan dunia.

Entah mengapa saya merasa pengetahuan tentang apa yang sebenarnya terjadi di berbagai belahan dunia terkait dengan permasalahan pemenuhan kebutuhan pangan perlu diketahui banyak orang, apalagi mahasiswa di rumpun pertanian. Mungkin harusnya documentary series ini, dan bahan kajiannya (Pengantar Krisis Pangan Dunia) harus juga diberikan ke setiap mahasiswa baru IPB sebagai mata kuliah lanjutan Pengantar Ilmu Pertanian. Lumayan lah bisa nambah 2 sks :P
Grumpy Cat said : Yaelah bro, gue kan bukan anak pertanian, peduli amat tentang krisis pangan. Itu sih masalah lo sama institut lo!

Ckck mpus. Tim Lang (Professor of Food Policy, City University, UK) mengatakan bahwa di tahun 2050 populasi dunia akan menjadi 9 miliar manusia, sementara sekarang saja kita sudah kesulitan dalam memperjuangkan pangan bagi 7 miliar manusia. Semakin besar kebutuhan akan susu, daging, ikan, dan bahan pangan lainnya.

“Unless we change how we grow food, how we eat it, what we eat, how much we prepared to pay for it, we're walking into crisis.” – Tim Lang

Iya, kecuali kamu makan angin, masalah pangan tetap masalah kamu :)
"Bener juga bro," kata si empus
Series ini akan membawa kita ke Inggris (sebagai sentral cerita dalam dokumenter), India, Senegal, Kuba, Amerika Serikat, Meksiko, Australia, dan mungkin beberapa kali kita akan membahas Indonesia.

Selamat datang di kelas kuliah Pengantar Krisis Pangan Dunia. Bukan berarti saya mengerti benar tentang topik ini, tapi mari kita belajar bersama-sama. Silahkan duduk :)

"Tonight, I will reveal the global food security crisis and what it could mean for the food on our plates." – BBC Future of Food

DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)