#yukmengenal Minyak Atsiri dan Fragrans

Perbedaan mendasar antara TIN dengan jurusan teknik industri lainnya di Indonesia adalah ragam pengetahuan bahan pertanian yang diolah untuk industri. Teknik sistem dan industri hanya separuh dari seluruh mata kuliah kami, jadi sebenarnya kami tidak 'industri-industri' amat. Separuhnya lagi adalah pengetahuan dan teknologi pengolahan bahan pertanian. Separuh teknik industri, separuhnya lagi campur aduk teknik kimia, bioproses, dan lalala.

Mulai dari komoditas penghasil minyak, rempah-rempah, minyak atsiri, obat-obatan herbal, bahan penyegar, serat, karet, gum, sampai penghasil gula. Perbedaan mendasar antara TIN dengan jurusan agronomi/hortikultura adalah di TIN sama sekali tidak belajar budidaya tanaman, murni pengolahan bahan baku.

Saya mengerti pengolahan dari  batang tebu sampai menjadi gula pasir, tapi saya kurang paham mengenai budidaya tebu hingga panen.

Hashtag #yukmengenal akan menjelaskan beberapa dasar ilmu komoditas olahan yang menurut saya esensial banget di TIN, dan saya rasa ini adalah mata kuliah antah berantah yang agak mustahil untuk ditemukan di jurusan lain. Tujuan saya share tentang ini semata-mata karena saya merasa hal-hal kayak gini juga perlu diketahui sama orang banyak.

Bahasan #yukmengenal ilmiah sekali sebenarnya, tapi dicoba dituliskan dalam konteks yang mudah dipahami orang awam karena bukan untuk tujuan akademik :p

Sesi pertama #yukmengenal ini bakalan membahas salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini (6), Teknologi Minyak Atsiri, Rempah, dan Fitofarmaka, tetapi hanya minyak atsiri saja yang akan dibahas kali ini.

Apa sebenarnya minyak atsiri?
Film ini memang fiksi,
tetapi banyak memberikan
ilmu tentang minyak atsiri
Topik mengenai minyak atsiri sebenarnya menjadi unsur utama  sebuah film thriller fiksi gila yang rilis tahun 2006, Perfume: The Story of a Murderer. Pernah nonton? 

Jean-Baptiste Grenouille, seorang anak yang lahir di pasar ikan dianugrahi kemampuan indra penciuman yang sangat tajam, hingga kemudian terobsesi untuk mengekstrak wangi perawan untuk memuaskan hasratnya. Ingat bagaimana Grenouille mencampurkan beragam minyak wewangian di gudang untuk membuat duplikat sebuah ramuan parfum? Semua yang dia gunakan adalah bahan minyak atsiri.
Grenouille, psikopat gila yang terobesesi dengan fragrance
Wikipedia menjelaskan minyak atsiri sebagai kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri disebut juga sebagai minyak terbang (volatile oil) karena sifatnya yang sangat mudah menguap? Mengapa minyak atsiri mudah menguap? Karena minyak atsiri memiliki nilai titik uap yang rendah, sehingga dapat menguap bahkan dalam suhu kamar.

Dari mana minyak atsiri berasal?
ini bunga kenanga, bukan kenanga(n) :p
Minyak atsiri berasal dari tanaman, disimpan di dalam berbagai jaringan tumbuhan. Beberapa tanaman yang lazim diekstrak minyaknya antara lain, cengkeh, melati, mawar, kenanga, dan lain-lain. Bukan hanya dari bunga saja, ada juga yang berasal dari rhizoma (jahe dll), daun (nilam, pala, dll) dan bahkan kayu! (cendana, pinus, dll)






Bagaimana cara mengekstrak minyak atsiri?
Ada beberapa metode yang umum digunakan untuk ekstraksi minyak atsiri. Kali ini akan dibahas hanya 2 metode yang paling umum digunakan untuk ekstraksi minyak atsiri, yakni distilasi dan enfleurasi.

1. Distilasi
Prinsipnya penyulingan destilasi merupakan suatu proses pemisahan komponen-komponen suatu campuran yang terdiri atas dua cairan atau lebih berdasarkan perbedaan tekanan uap atau berdasarkan perbedaan titik didih komponen-komponen senyawa tersebut.

Distilasi umumnya menggunakan ketel yang juga pernah ada di film Perfume seperti di gambar ini:

Ini adalah ketel dengan menggunakan metode water distillation atau bahasa cupunya direbus. Iya direbus, jadi bahan yang ingin kita suling kontak langsung dengan air rebusan, kemudian nanti uapnya dikondensasi dan dipisahkan antara air dan minyaknya. Metode distilasi lain adalah steam distillation, menggunakan uap. Hampir sama, bedanya adalah di dalam ketel tidak ada air, tapi diberikan selang berisikan uap bertekanan tinggi ke dalamnya.

Sebelum saya lanjutkan beberapa metode untuk mengekstrak minyak atsiri, saya rasa akan banyak yang bertanya-tanya, di dalam melati, mawar, dan kenanga ada minyaknya? Iya ada, tapi dalam jumlah yang sangat-sangat sedikit. Minyak atsiri termasuk ke dalam produk yang mahal karena rendemen yang dihasilkan sangat kecil.

Beberapa minggu yang lalu, saya praktikum untuk membuat minyak pala dari daun pala dengan rendemen 0,6%. Artinya? Andaikata saya punya 1 ton daun pala, minyak pala yang dihasilkan hanya sekitar 6 kg. Kebayang kan betapa sedikitnya? Kebayang kan betapa mahalnya minyak atsiri?

Dari segini banyaknya bunga mawar yang digunakan, 

minyak atsiri yang bisa diambil paling hanya sebotol kecil

2. Enfleurasi
Enfleurasi di film Perfume
Ingat adegan di samping? Inilah yang dinamakan ekstraksi dengan metode enfelurasi, menggunakan lemak dingin yang akan mengadsorbsi minyak atsiri pada bahan. 

Kaca dalam frame (disebut chassis) dilapisi dengan lemak binatang/ tumbuhan yang tidak berbau dan murni. Kemudian bunga segar yang baru dipetik ditempelkan pada lemak lalu ditutup. Minyak atsiri akan terserap oleh lemak, bunga diganti dengan yang segar lagi sampai lemak menjadi jenuh dengan minyak atsiri. Setelah jenuh bunga diambil (defleurage). Campuran lemak dan minyak atsiri ini disebut Pomade. Pamade dicuci dengan alkohol hingga minyak atsiri larut dalam alkohol. 

Umumnya metode enfleurasi hanya bisa digunakan pada ekstraksi bahan bunga. Bunga yang diletakkan pada chassis juga tidak boleh sembarangan posisinya, harus rapi dan tertelungkup dengan kelopak kontak dengan lemak dingin. Hal ini dilakukan supaya minyak yang menguap dari bunga dapat ditangkap sempurna oleh lemak dingin pada chassis.

Apa saja aplikasi minyak atsiri di kehidupan nyata?
Minyak atsiri, adalah dalang utama di balik seluruh produk berfragrans yang selama ini kita konsumsi. Apa saja produk berfragrans? Mulai dari sabun, shampoo, parfum, deodoran, pembersih lantai, pewangi pakaian, balsem, minyak urut.

Selain sebagai fragrans, minyak atsiri juga digunakan untuk antimikroba dan aromatherapy. Minyak atsiri yang memiliki daya antimikroba umumnya mengandung senyawa-senyawa berupa golongan fenol dan terpenoid. Mekanisme senyawa fenol sebagai antimikroba adalah dengan meracuni protoplasma, merusak dan menembus dinding sel, serta mengendapkan protein sel mikroba. Aromatherapy? Banyak di antara minyak atsiri memberikan efek nyaman dan rileks.

Tapi efek minyak atsiri tidak selebay minyak perawan di film Perfume yang bikin birahi satu kota.
minyak sari perawan bukan minyak atsiri, dan adegan ini lebay bro
INFO TAMBAHAN SEPUTAR FRAGRANS!

Tentang notes parfum
Pernah mendengar tentang notes parfum yang pernah dijelaskan sama mentor pertamanya Grenouille? Ada top notes, middle notes, dan base notes.
dari ki-ka : top, middle, base notes
Top notes: 
Bau wanginya (scent) langsung muncul segera setelah pemakaian. Terdiri dari molekul kecil, ringan dan segera menguap. Membentuk impresi pertama pada orang, sehingga sangat penting pada penjualan parfum

Middle notes: 
Baunya muncul setelah top notes hilang. Senyawa ini membentuk "heart" atau “main body” parfum. Bertindak menutupi bau yang kurang enak dari base notesDisebut pula sebagai heart notes

Base notes: 
Baunya muncul setelah bau middle notes hilang . Base dan middle notes merupakan tema utama parfum. Senyawanya ‘kaya’ dan ‘dalam’ dan biasanya tidak hilang setelah 30 menit pemakaian. 

Pernah ketemu parfum yang bau awalnya enaaak banget, tapi ternyata setelah dipakai beberapa jam baunya gak karuan? Itu kemungkinan karena base notes yang digunakan untuk parfum tersebut kualitasnya rendah. Jadi begitu top notes dan middle notes sudah menguap, scent yang muncul tidak enak. 

Tipe-tipe parfum
Apa perbedaan dari kedua jenis parfum di bawah ini? 
 


Sama-sama Chanel No 5, sama-sama tidak pernah saya beli. Apa bedanya? Bedanya adalah tipe parfumnya. Sebelah kiri adalah Chanel No. 5 dengan tipe Eau de Toillete, sementara di sebelah kanan adalah Chanel No. 5 dengan tipe Eau de Parfum. These eau-things merefleksikan konsentrasi senyawa  aroma dalam pelarut (biasanya etanol atau campuran air dan etanol). Berikut adalah beberapa tipe parfum yang ada di pasaran : 

*Perfume extract (Extrait)
 5- 40% vol (typical 20%) senyawa aroma 

*Eau de Parfum, Parfum de Toilette : 
10-20% (typical ~15%) senyawa aroma

*Eau de Toilette :
5-15% (typical ~10%) senyawa aroma

*Eau de Cologne (EdC : 3-8% (typical ~5%) senyawa aroma

Splash and After shave : 1-3% senyawa aroma

Gitu bro. Malu dong bro mampu beli Chanel No. 5 tapi ga engeh sama tipe-tipenya :p

Beberapa organ hewan yang digunakan untuk parfum
Organ hewan? Untuk parfum? Percaya atau tidak, bagi teman-teman yang hobi menggunakan parfum berkelas atas, kemungkinan besar ada beberapa organ hewan yang digunakan dalam campuran parfumnya. Mungkin agak kurang tepat jika disebut organ, karena pada kenyataannya, bahan bahan berikut ini adalah bahan sekresi, yang dikeluarkan oleh hewan.

1. Ambergris
Sperm whale, penghasil ambergris
Ambergris atau biasa disebut emas mengambang ( floating gold ) adalah zat yang dikeluarkan oleh paus sperma (sperm whale ) yang diduga untuk melindungi terhadap iritasi usus yang disebabkan oleh paruh mangsanya, cumi-cumi dan sotong. Ambergris juga digunakan oleh paus sebagai bantuan pencernaan dan dikeluarkan dari perut selama perjalanan ratusan mil jauhnya di lautan samudera.


the floating gold, ambergris!
Ambergris merupakan zat solid dalam usus yang berasal dari paus sperma (sperm whale). Biasanya potongan padat tersebut dikeluarkan melalui rektum. Potongan akan mengapung di permukaan laut, di mana matahari akan mensterilkannya. Fungsi ambergris dalam dunia kecantikan adalah untuk menstabilkan aroma parfum. Dalam budaya timur, ambergris sering digunakan untuk ramuan obat dan bumbu masakan. Ambergris bisa dijumpai di pantai Cina, Jepang, Afrika, Amerika dan pulau-pulau tropis, seperti Bahama.


Bukan tanpa alasan disebut floating gold, karena harga jualnya mencapai USD$25.00 per gram. Artinya, sekilo ambergris harganya mencapai USD$25.000! Subhanallah!

2. Civet musk
Salah satu bahan parfum yang dipercaya dapat menarik lawan jenis adalah civet atau musk oil.  Bahan ini diambil dari hewan sejenis musang.  Konon pada saat bulan purnama, hewan jantan tersebut akan mengeluarkan sejenis hormon tertentu yang sangat harum baunya. Aroma yang memancar dari binatang tersebut dapat masuk ke dalam penciuman sang betina serta mempengaruhi kerja syaraf dan otaknya.  

Akibatnya akan timbul birahi pada betina tersebut dan pasrah pada sang pejantan yang telah mengeluarkan aroma tadi. Aroma itulah yang kemudian dimanfaatkan manusia untuk membentuk sebuah parfum dengan musk oil yang sangat terkenal itu.

Jadi begitulah kisah-kisah bahan sekresi hewan ada di parfum-parfum mahal. Sesungguhnya bau-bau yang berasal dari sekresi hewan ini umumnya digunakan sebagai fixative karena 'rasa' nya yang kuat, meski sebenarnya berbau busuk. Saya juga sampai sekarang belum paham bagaimana urutan pengolahan ambergris dan civet musk hingga menjadi parfum.

Itu dia tentang minyak atsiri dan fragrans, semoga ilmu-ilmu ini bermanfaat :)

POSTED IN
DISCUSSION 2 Comments

2 Responses to : #yukmengenal Minyak Atsiri dan Fragrans

  1. Anonim says:

    Halo, salam kenal! Ngomong-ngomong postingan blog-nya bagus-bagus, makasih udah menginspirasi :)Semoga sukses buat kuliah dan BEM Fateta IPB 2014 nya ya!

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)