#21IdeKecil No.3 : Hidup Bukan Sesuatu yang Darurat

"Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat, baik ada ataupun tak ada waktu untuk beristirahat." - Sidney Haris

Kerja, sesuap nasi, kebutuhan-kebutuhan anak, berbagai peristiwa yang darurat, semua itu menjadikan kita seakan-akan duduk di atas bom waktu. Ia akan meledak, jika kita tidak melakukan semua itu sebelum batas waktu yang ditentukan.

Memang benar, setiap orang harus menyelesaikan tugas dan kewajibannya sesuai dengan waktunya. Akan tetapi yang mesti kita ketahui adalah bahwa kita memiliki kemampuan yang terbatas. Melakukan sesuatu di luar kemampuan akan berdampak negatif pada diri seseorang dan bisa jadi menghancurkan tugas yang sedang diembannya. Bahkan satu di antara kita merasa terhimpit, karena begitu banyak tugas yang harus diselesaikan, sedangkan waktu yang tersisa sangat sedikit untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

Seorang sahabat yang sukses dalam bisnis mengatakan, "Aku sangat berambisi untuk menyukseskan proyek yang sedang aku tangani. Aku terus-menerus memantau proyek itu dengan seksama. Sungguh, aku seperti memelihara seekor harimau. Sedikit pun aku tidak pernah merasa nyaman, baik di waktu malam ataupun siang hari!"

Tugas tidak akan pernah berakhir. Anda tidak akan pernah kosong dari tugas atau pekerjaan. Hal itu sangat wajar, karena begitulah tabiat kehidupan. Kita harus menjalani roda kehidupan ini dengan sebaik mungkin dan menikmatinya tanpa berlebihan.

Kita sangat ahli untuk mengubah sesuatu yang biasa menjadi hal yang sangat urgen dan harus diaplikasikan, meskipun pada hakikatnya ia kebalikan dari hal itu. Kita sendiri yang menciptakan berbagai tugas. Jika tidak menyelesaikannya dengan baik, maka ia akan menyiksa kita.

Nikmati hidup. Mintalah kepada akal dan tubuh Anda untuk beristirahat. Hiduplah dengan tenang dan rileks. Jika menemukan diri Anda dalam kekalutan dan kesedihan yang dalam, maka segeralah bermunajat kepada Allah SWT.

Ide Kecil Untuk Perubahan Besar - Karim Asy-Syadzily

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)