#21IdeKecil No.1 : Menjadi Sosok Sederhana

Kesombongan adalah lisan yang paling fasih dari diri Anda

Egois, sombong, dan angkuh adalah virus berbahaya yang akan menghantarkan hidup kita pada penderitaan yang tak terperi. Orang yang memiliki karakter ini tidak akan pernah mencicipi kehidupan yang damai lagi sejahtera. Mereka tidak akan merasakan kenikmatan hidup, sebagaimana yang dirasakan oleh orang-orang yang tawaduk serta mendahulukan kepentingan orang lain.


Sesungguhnya "aku" merupakan suara lirih yang keluar dari dalam jiwa kita -atau sebagian dari kita- yang menjadikan atas penghormatan orang lain terhadap diri kita sendiri. Sungguh naif. Motif inilah yang selalu mendorong kita untuk menunjukkan kemampuan agar orang lain mengetahui bahwa kita lebih utama daripada mereka. Hal ini merupakan kecacatan dalam jiwa dan merupakan penyakit yang harus disembuhkan. 

Pada hakikatnya, orang yang sombong berada di bawah tekanan jiwa yang berkesinambungan. Dirinya selalu dibayangi rasa khawatir, jika orang lain mengetahui bahwa dirinya tidak seperti yang diucapkannya.

Hal itu bertolak belakang dengan orang-orang yang tawaduk. Mereka menyembunyikan gudang kebaikannya di bawah debu ketawadukannya. Hawa nafsu sangat cinta terhadap pujian dan penghargaan. Akan tetapi, hawa nafsu yang sudah dilatih dan dipaksa oleh pemiliknya untuk tawaduk dan selalu berusaha menampakkan sisi kebaikan orang lain, maka ia akan merasakan nikmatnya anugrah Allah dan meneguk mulianya nilai tawaduk.

William James -bapak ilmu psikologi modern- mengintrepretasikan hal ini dengan sangat apik, "Anda harus menghilangkan kekaguman pada diri sendiri. Jika Anda dapat melakukannya, maka hal itu merupakan kenikmatan yang tiada tara. Dan dengan sendirinya, orang lain akan mengagumi kelebihan-kelebihan yang Anda miliki."

Dengarkanlah dengan seksama tatkala orang lain berbicara tentang apa saja. Jadilah orang yang suka memuaskan perasaan orang lain. Adapun tentang kedudukan, kemampuan dan kebaikan sifat Anda, maka jangan sampai Anda membicarakannya.

Karena, ia yang akan berbicara tentang kebaikan Anda.

Ide Kecil Untuk Perubahan Besar - Karim Asy-Syadzily

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)