#21IdeKecil No. 6 : Hiduplah Pada Hari Ini

Kita tidak akan hidup selamanya – Voltaire

Steven Locke berkata, “Alangkah indahnya hidup ini!” Seorang anak kecil berkata, “Jika aku sudah besar, maka aku akan menjadi…” Anak yang sudah besar berkata, “Jika aku sudah berumur sekian aku akan…” Seorang pemuda berkata, “Tatkala aku menikah…” Sedangkan orang yang sudah menikah berkata, “Jika aku menjadi orang sukses…”

Kemudian, jika masa tua telah tiba, maka seseorang telah memasuki era umur menunggu masa habisnya. Bagai ranting yang kering, menunggu hingga angin dingin lagi kencang siap menghempaskannya.

Waktu yang saat ini kita jalani adalah sebuah kenyataan. Masa kemarin sudah habis. Adapun esok hari, kita tidak memiliki jaminan dapat menjumpainya. Hanya hari ini waktu yang bisa kita miliki dan mampu kita nikmati. Namun, kita hanya dapat membagi hari kita menjadi dua bagian. Pada satu bagian, kita jalani dengan penyesalan atas apa yang telah lewat, sedangkan bagian yang kedua berada dalam kekhawatiran atas apa yang akan terjadi. Usia menjadi tersia-sia di antara problematika masa lalu dan baying-bayang masa depan.

Rasulullah bersabda :
“Barangsiapa di antara kalian yang telah merasakan kedamaian dalam jiwanya, sehat badannya, dan masih mempunyai bahan makanan yang dibutuhkan pada hari itu, maka seakan-akan seluruh kenikmatan dunia telah dia dapatkan.” (HR. at-Tirmizi)

Kita lihat orang-orang yang ada di sekitar kita sibuk berkompetisi dengan hari. Mereka hidup dalam lingkup permasalahan hari esok, dibayang-bayangi oleh bencana yang akan terjadi di masa depan, dan mereka menyibukkan diri untuk menghadapi keburukan-keburukan yang akan datang.

Ide Kecil Untuk Perubahan Besar – Karim Asy-Syadzily

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)