Hari ketiga! Hari di mana seluruh paper participants akan mempresentasikan paper yang telah mereka buat. Buat saya pribadi, hari ini merupakan hari pertama saya presentasi secara ilmiah di hadapan publik. Apalagi dengan bahasa Inggris.

Meskipun saya presentasi dengan topik ilmiah, saya berkeyakinan harus mengemas presentasi ini dengan santai dan menyenangkan. Saya terinspirasi dari slide kawan jauh saya di Jogja sana, Nita Wakan, yang dipasang di dalam blognya. Buat saya pribadi, slide buatannya simpel dan benar-benar bukan seperti slide kuliah (noh wa, udah gue puji tuh :P) Alhasil, saya juga membuat slide presentasi dengan rona yang serupa.

Saya presentasi di cluster 5, Infrastructure and Renewable Energy. Jadi memang masing-masing partisipan hanya akan mempresentasikan hasil papernya di hadapan partisipan lain yang tergabung dalam kluster yang sama. Mengingat banyaknya jumlah peserta jika disatukan dalam hall yang sama. Cluster 5 ini entah kenapa semuanya adalah orang Indonesia.

Sebelumnya saya sudah pernah mengatakan bahwa AISCT ini awalnya memang konferensi untuk orang-orang Indonesia yang diadakan sama PPI Taiwan, baru di tahun ini saja huruf I pada AISCT berubah menjadi ‘International’. Hanya ada dua partisipan yang ternyata tidak ‘benar-benar’ asli Indonesia karena sudah menetap lama dan kuliah di Taiwan, mereka adalah Mas Nizar dan Ibu Nurhayati. Kami hanya bertemu beberapa saat, saling memperhatikan presentasi satu sama lain, tapi entah kenapa interaksi kami menjadi begitu hangat. Mungkin karena topik permasalahan yang kecil sehingga kami dapat saling menasihati dalam presentasi kawan yang lain. Padahal sebelumnya kami belum pernah kenal.

Hari ketiga ini juga saya maksimalkan untuk membagikan paket promosi dari PT. Multistrada yang menjadi sponsor keberangkatan saya ke Taiwan. Beberapa paket promosi itu saya berikan bersamaan dengan kartu nama yang baru saya cetak beberapa hari sebelum keberangkatan ke Taiwan. Paket promosi tersebut antara lain notes, brosur, dan stiker, yang hampir semuanya habis pada hari presentasi.
menyerahkan paket promosi Multistrada ke salah satu peserta di dalam kluster 5
kalau yang ini ke salah satu peserta dari Barbados *lupa namanya siapa -__-
kalau yang ini ke Mas Riki, Teknik Biomedik Unair 2009 :D
Kalau sempat melihat-lihat slide presentasi yang saya upload di atas, logo PT. Multistrada juga setia nangkring di setiap slide, bersama dengan logo klub Manchester United. Di akhir presentasi, saya bahkan harus mengklarifikasi bahwa tujuan saya memasang logo tersebut semata-mata bukan karena saya fans berat MU, melainkan karena saya disponsori sama perusahaan yang juga sponsor MU. Padahal saya fans Chelsea begini, apa daya Samsung tidak mungkin mendanai *random

Hari presentasi ini juga menjadi hari akhir konferensi di Asia University, karena keesokan harinya para partisipan akan menjalani fieldtrip ke Sun Moon Lake dan perusahaan JohnFord. Kebanggaan juga menyelimuti kontingen IPB karena salah satu delegasinya, Mujtahid Alfajri, yang juga anak TIN, menjadi salah satu pemenang best paper dalam klusternya. Keren lah!

foto bareng mas Nizar setelah papernya terpilih jadi best paper di kluster saya :D
all participants of AISCT 2013! :D
Selain itu saya dan Afif juga menemukan peserta PPSDMS yang lain yang nyangkut juga dalam konferensi kali ini, mereka adalah Darmadi Geologi ITB sama Bang Iqbal dari Bioproses UI. Darmadi seangkatan di angkatan 6, Bang Iqbal agak senior sedikit dari angkatan 5. Emang jagoan deh anak-anak PPSDMS kalau masalah beginian!
kuartet PPSDMS di AISCT 2013 :)
Sepulang dari Asia University, kami sepakat untuk menghabiskan malam dengan jalan-jalan ke pasar malam di kawasan Feng Chia. Pasarnya panjaaaaaaaang banget, lumayan juga jalan kaki di sepanjang pasar. Jadi pasar malam di Feng Chia ini kayak semacam pasar baru di Jakarta, cuma jalannya jauh lebih panjang. Awalnya niatan kami pergi ke pasar malam adalah untuk mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, tapi ternyata pasar malam ini sama sekali tidak menyediakan barang-barang cenderamata.
suasana di pasar malam Feng Chia
bernarsis ria di tengah jalan huhuhu
penuh dengan tukang jajanan dan berbagai barang jualan lainnya
Barang-barang modern macam sepatu Adidas, malah tersedia. Percuma kayaknya jauh-jauh ke Taiwan malah membeli sesuatu yang tidak khas Taiwan. Ingin jajan makanan, sekali lagi, terkendala masalah kehalalan dan aroma yang tidak ramah. Di pasar malam ini bahkan terdapat sebuah kedai yang baunya luar biasa sampai-sampai rombongan orang Indonesia semuanya menutup hidung dan menahan mual. Baunya seperti bau comberan, dan keluar dari restoran. Saya tidak bisa membayangkan apa yang sebenarnya mereka sajikan.

Pulang ke hotel dan persiapan untuk berangkat fieldtrip keesokan harinya. Plus, berhubung pesawat pulang saya berangkat tanggal 30 jam 10 pagi, saya sudah harus beberes. Besok sudah tanggal 29 dan kemungkinan besar kami sampai di hotel malam hari. Itu berarti kami harus sudah siap malam ini untuk packing pulang ke Indonesia.

Fieldtrip I’m coming! :D

DISCUSSION 1 Comment

One Response to : A Trip to AISC Taiwan 2013 with Multistrada 3rd Day : Presentasi dan Pasar Malam

1. Anonim says:

DItunggu tahun depan lagi di AISCT .... -Nizar-

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)