Nutrisi Bacaan Bulan Ini

Semenjak beberapa bulan yang lalu sudah punya niatan untuk belanja buku online. Baru bulan ini kesampaian setelah ga tahan membaca review Titik Nol-nya Agustinus Wibowo di Goodreads mencapai angka 4.4, ini tinggi banget, sejauh ini baca reviewnya Goodreads rasanya jarang banget sampai bintang 4. Kalau udah sampe 4.4 pastilah buku ini sungguh spesial.

Hasrat belanja buku makin tidak tertahan manakala menemukan fakta bahwa belanja buku online di Gramedia.com dapat potongan harga 10%, dan ongkos kirim ke Bogor cuma sekitar Rp. 12.000. Artinya, jika kita belanja dengan total belanja di atas Rp. 120.000 dan berat total buku masih dibawah 1 kg, kita bakalan untung sekian ribu rupiah daripada belanja buku di outletnya. Karena Titik Nol harganya (sebelum didiskon) Rp. 98.000, butuh satu buku lagi biar belanjanya di atas Rp. 120.000.

Pilihan jatuh ke Stand and Deliver-nya Dale Carnegie. Selain karena ingin meningkatkan skill public speaking yang masih cupu, juga karena ingin menggali manfaat sebesar-besarnya dari buku Dale Carnegie lainnya setelah How To Win Friends and Influence People in Digital Life-nya berhasil memberikan saya banyak sekali inspirasi, terutama dalam berhubungan dengan orang lain di sekitar saya.

Inilah total belanjaan saya : NO. PESANAN: 0406D0042
Tanggal 2013-04-06 16:24:57
=====================

Titik Nol - Gramedia Pustaka Utama GPU (9789792292718) 1 x Rp88.200 (Rp98.000,- disc.10%) 
Stand and Deliver - Gramedia Pustaka Utama GPU (9789792283082) 1 x Rp48.600 (Rp54.000,- disc.10%)
Subtotal = Rp136.800,-

Expeditur : JNE-TransferBank Ongkos Kirim : Rp12.872,-
########## TOTAL BAYAR : Rp.149.672,- ##########

Bayangkan jika beli di outlet, maka harga yang harus saya bayar (tanpa diskon) adalah Rp. 98.000 + Rp. 54.000 = Rp. 152.000. Lumayan hemat sekitar 3000 perak, plus tidak perlu ke mall di Bogor yang biaya transport dan parkirnya bikin nyesek dompet.

Makanya belanja buku online aja om, di Gramedia.com! *promosi

Dan inilah sinopsis dua buku yang menjadi nutrisi tambahan otak saya bulan ini :)


Titik Nol

oleh Agustinus Wibowo
SINOPSIS
Perjalananku bukan perjalananmu Perjalananku adalah perjalananmu Jauh. Mengapa setiap orang terobsesi oleh kata itu? Marco Polo melintasi perjalanan panjang dari Venesia hingga negeri Mongol. Para pengelana lautan mengarungi samudra luas. Para pendaki menyabung nyawa menaklukkan puncak. Juga terpukau pesona kata “jauh”, si musafir menceburkan diri dalam sebuah perjalanan akbar keliling dunia. Menyelundup ke tanah terlarang di Himalaya, mendiami Kashmir yang misterius, hingga menjadi saksi kemelut perang dan pembantaian. Dimulai dari sebuah mimpi, ini adalah perjuangan untuk mencari sebuah makna.

 Hingga akhirnya setelah mengelana begitu jauh, si musafir pulang, bersujud di samping ranjang ibunya. Dan justru dari ibunya yang tidak pernah ke mana-mana itulah, dia menemukan satu demi satu makna perjalanan yang selama ini terabaikan.

 "Agustinus telah menarik cakrawala yang jauh pada penulisan perjalanan (travel writing) di Indonesia. Penulisan yang dalam, pengalaman yang luar biasa, membuat tulisan ini seperti buku kehidupan. Titik Nol merupakan cara bertutur yang benar-benar baru dalam travel writing di negeri ini." —Qaris Tajudin, editor Tempo dan penulis novel.

Stand and Deliver

oleh Dale Carnegie Training
SINOPSIS
Kita akan langsung mengenali seorang pembicara hebat ketika melihatnya. Ia terlihat memiliki kualitas—kepercayaan diri, karisma, kefasihan berbicara, pengetahuan—yang tidak kita miliki. Namun, kemampuan berbicara dengan baik di hadapan orang lain adalah keahlian, bukan bakat bawaan. Itu artinya, dengan panduan yang tepat, setiap orang bisa belajar mewujudkannya.

Stand and Deliver memberi pembaca segala hal yang harus mereka ketahui untuk menjadi komunikator yang tenang, matang, dan mumpuni. Buku ini mengungkap berbagai teknik yang telah membantu banyak pembicara besar dalam sejarah. Dalam buku ini pembaca akan belajar cara mempersiapkan presentasi dengan baik, membentuk dan memeragakan gaya mereka sendiri yang unik, mengatasi demam panggung, serta menarik perhatian seluruh audiens dalam satu menit.

Dengan begitu banyak petunjuk, strategi, dan contoh nyata, termasuk studi kasus atas beberapa orator terbesar di dunia,Stand and Deliver adalah buku yang sempurna mengenai public speaking. Berbagai teknik luar biasa penting yang bisa dipelajari dari buku ini akan memberikan manfaat yang tak lekang zaman.

Inilah penampakan bukunya di meja belajar kesayangan saya di asrama 
harus minta tolong temen buat bungkusin pake plastik biar ga rusak :P
Saya sudah beberapa puluh halaman melahap Titik Nol meskipun di tengah-tengah masa UTS yang tanpa jeda di semester ini (ya, 10 ujian dalam 8 hari) dan menemukan kenyataan bahwa rasanya nilai yang diberikan Goodreads pada buku ini tidak berlebihan. Di bagian awal, Titik Nol berhasil memberikan impresi yang mengagumkan. 

Dan kedua buku ini adalah dua buku pertama yang saya belanjakan di tahun 2013. Selain karena minim duit, rasanya di bulan-bulan kemarin begitu hectic dan sulit meluangkan waktu untuk membaca buku. Ini agak random, tapi sejujurnya saya merindukan masa-masa ke pasar Jatinegara bareng Ibu buat belanja buku murah di sana :') Kapan ya bisa kesana lagi?

POSTED IN
DISCUSSION 2 Comments

2 Responses to : Nutrisi Bacaan Bulan Ini

  1. Asya FNZ says:

    Kalo udah beres baca, boleh kali dipinjem bukunya :3

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)