Membesarkan Hal-Hal Kecil

Judul : What the Dog Saw
Penulis : Malcolm Gladwell
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jenis Buku : Non Fiksi
Cetakan : I :2010
Tebal Buku : 457 halaman
ISBN : 978-979-22-5249-1

Apakah John Kennedy Jr. tercekat atau panik ketika mengemudikan pesawat terbang yang akhirnya mengalami kecelakaan yang menewaskannya? Apa yang diajarkan pemain sepakbola Amerika tentang bagaimana memilih guru yang baik? Apa peran pewarna rambut dalam sejarah abad kedua puluh?

Pertama kali saya mendengar nama Malcolm Gladwell adalah ketika penjelasan mengenai tema Latihan Gabungan Barat I PPSDMS, November 2012, yang mengambil salah satu judul bukunya yang terkenal, Outliers. Semenjak itu saya jadi penasaran berat sama buku-bukunya. Beberapa kali mencari di toko buku entah kenapa ga pernah ketemu, sampai pada akhirnya saya menemukan buku ini di pojok rak Toko Gunung Agung Pondok Gede. Tersudut, tertumpuk di bawah buku-buku lainnya.

Setelah mulai membaca daftar isi buku ini, saya menemukan hal yang aneh. Dalam hati saya, "Ini buku apaan ngebahas hal-hal kayak gini?" -__- Ada kajian tentang sejarah saus tomat, pewarna rambut, tukang jual kecap, sejarah pil KB, penjinak anjing dan kajian lainnya, yang entah kenapa menurut saya.... kurang begitu penting. Agak sedikit banyak kurang kerjaan.

Anggapan saya sirna ketika makin menyelami isi bukunya. Kajian dan paparan Gladwell terhadap hal-hal yang buat saya (dan saya yakin buat orang lain juga) tidak terlalu penting, berhasil dikemas dengan cara yang sangat menarik. Gladwell menemukan orang-orang yang memang berkecimpung dalam bidang tersebut, menyajikan berbagai fakta dan data interdisiplin ilmu, dan entah bagaimana caranya membuat buku ini menjadi sangat kaya dengan berbagai pengetahuan yang dimilikinya.

Contoh yang menurut saya paling menarik adalah bagaimana Gladwell menceritakan saus tomat dalam bab Teka-Teki Saus Tomat dengan opening line yang menggelitik, "Moster sekarang banyak macamnya, mengapa saus tomat tetap tak berubah?" Bab ini mengisahkan Jim Wigon yang ingin membuat varian rasa baru dalam per-saus-tomatan Amerika, serta Howard Moskowitz, seorang peneliti dari Harvard yang pernah melakukan penelitian menarik perihal perilaku dan keinginan konsumen dalam konsumsi dengan pendekatan racikan dan komposisi bahan yang digunakan. Gladwell mengisahkan saus tomat sebagai tokoh utama, bagaimana sebenarnya saus tomat dilahirkan setelah semakin cintanya masyarakat Amerika terhadap tomat, mengapa tomat sangat disukai, bagaimana perannya dalam konsumsi di masyarakat, bahkan kisah 'perang' per-saus-tomatan Amerika juga diceritakan dalam bab ini. 

Saus tomat setelah Anda membaca buku ini bukan hanya sekadar pasta tomat dengan sedikit rasa asam dan asin.

Atau tengok juga kisah Cesar Millan dalam bab Apa Yang Dilihat Anjing, sosok pembawa acara Dog Whisperer yang kisahnya menjadi ilham bagi judul buku ini. Cesar adalah sosok ajaib yang jika pernah ada yang menonton Dog Whisperer, akan mengetahui betul bagaimana seekor anjing yang galak bisa menjadi penurut di hadapan Cesar. Apa yang membuat sang anjing berlaku demikian? Atau bisa juga dibaca bab Murray Sejuta Dollar, menceritakan tentang pengelolaan tunawisma di Amerika yang kajiannya (bagi saya) cukup mencengangkan, dengan opening line "Mengapa masalah seperti tunawisma boleh jadi lebih mudah dipecahkan daripada dikelola?" dan membuat kita berpikir ulang tentang cara penanganan tunawisma yang tepat di Indonesia dari studi kasus Gladwell di Amerika.

Buku ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin tahu lebih banyak hal-hal menarik di balik hal-hal yang selama ini kita anggap 'biasa'. Mengeluarkan kisah-kisah fakta yang jarang dipublikasi orang lain dan memetik hikmah-hikmah tersembunyi di dalamnya.  Overall, buku ini sangat layak dibaca untuk memperkaya pengetahuan kita, membangkitkan rasa penasaran kita terhadap dunia luar, dan belajar bagaimana mengambil hal-hal besar dari hal-hal 'kecil' di sekitar kita.

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)