A Trip to AISC Taiwan 2013 with Multistrada : Prologue

BIOETHANOL FROM SUGARCANE WASTE (BAGASSE) USING BACTERIUM CLOSTRIDIUM THERMOCELLUM
Ari Permana Putra1), Delmar Zakaria Firdaus1), Ginanjar Ummi Pratiwi1)

Paper di atas adalah paper yang membuat saya bisa mendapat undangan untuk pergi ke Taiwan. Menjadikan saya sebagai satu-satunya orang dalam tim yang bisa berangkat karena dana keberangkatan yang tidak mencukupi. Layaklah saya berterima kasih yang sebesar-besarnya di alinea pertama ini pada kedua orang hebat yang juga telah menyusun paper ini, Ari Permana Putra dan Ginanjar Ummi Pratiwi.

Rasanya kontribusi saya dalam pengerjaan paper ini sungguh minim, mereka berdua lah yang sebenarnya “mengerjakan” paper ini. Dana yang minim membuat keberangkatan kami bertiga cukup sulit diwujudkan, sampai akhirnya diputuskan hanya satu yang berangkat. Saya merasa tidak layak untuk berangkat kesana, tapi karena keputusan dari yang lain menginginkan demikian, saya tidak bisa menolak. Semoga keberangkatan dan presentasi saya di sana adalah kontribusi terbaik yang dapat saya lakukan untuk tim kita ya, Ka Ari dan Ka Tiwi :)
poster AISC Taiwan 2013

Keberangkatan saya ke Taiwan kali ini juga mendapat dukungan dari PT. Multistrada Arah Sarana, yang namanya juga saya kristalkan dalam seri post liputan trip ke Taiwan tahun ini. Memang ini tidak masuk ke dalam kontrapretasi dan perjanjian yang kami sepakati, tapi saya merasa punya tanggung jawab untuk meliput acara ini dan melampirkan nama ‘Multistrada’ sebagai bentuk rasa terima kasih atas partisipasinya membantu keberangkatan ke Taiwan. Sekadar info, Multistrada adalah perusahaan produsen ban yang memproduksi ban merek Corsa dan Achilles, yang sekarang telah menjadi sponsor resmi Manchester United. Salah satu perusahaan asli Indonesia yang mampu menjadi official sponsor untuk tim besar Eropa setelah Dua Kelinci dengan Real Madrid. Hebat bener euy :D

logo perusahaan Multistrada
Official Tire Partner of Manchester United :D
Bagi saya pribadi, perjalanan ini sungguh mahal harganya. Saya bukan berasal dari keluarga yang kaya raya sehingga awalnya agak berat untuk menomboki sisa biaya perjalanan yang harus ditanggung. Tapi saya kemudian berpikir, bahwa ini adalah kesempatan yang langka. Selain mahal secara materi, perjalanan ini juga ‘mahal’ dari segi waktu. Departemen saya setiap hari ada praktikum dan responsi, perizinannya juga bukan masalah kecil. Sadar bahwa perjalanan ini butuh ‘tebusan’ yang mahal, maka saya tidak akan membiarkan perjalanan ini menjadi sekadar perjalanan ‘biasa’. Harus ada sesuatu yang spesial supaya perjalanan ini berharga setara dengan uang, waktu dan tenaga yang dihabiskan.

Setelah ini saya akan melaporkan perjalanan saya dari hari ke hari. Mungkin tidak live hari itu juga dipost, karena saya tidak bisa memastikan koneksi internet di sana bagaimana. Dokumentasi dan kisah-kisah lainnya akan terangkum dalam payung serial post yang sama.

Saya berharap melalui liputan dan tulisan yang saya buat, saya bisa berbagi untuk semua orang yang menyempatkan diri untuk mampir ke blog ini. Saya ingin perjalanan ini tidak hanya saya saja yang merasakan manfaatnya. Seperti yang dikatakan Agustinus Wibowo,
“Perjalananku adalah perjalananmu”

Malam ini, pukul 23:55 WIB insyaAllah saya akan berangkat naik pesawat dan keluar Pulau Jawa untuk pertama kalinya. Cupu banget ya -__-

Mohon doa agar perjalanan ini memiliki lebih banyak manfaat daripada mudharatnya dan agar saya dan rombongan yang lain selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi (juga) dengan selamat.

Let the trip begin :)

DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)