Belajar Menjadi Pahlawan

Sejenak, dalam ketegangan masa evaluasi PPSDMS -yang memang menegangkan- saya teringat materi yang pernah saya dapatkan saat training motivasi saat Techno F 2012 kemarin. Pemateri saya saat itu bercerita, pernah ada sebuah survei di Amerika yang bertanya siapa sebenarnya pahlawan Amerika di hati para warganya. Hasilnya, nama pahlawan yang muncul bukanlah Captain America, Batman atau Superman, melainkan Dick Hoyt

Dick Hoyt (kanan) bersama dengan anaknya, Rick Hoyt
Dick Hoyt adalah seorang ayah dari Rick Hoyt. Rick menderita sebuah penyakit yang mengakibatkan dirinya tidak dapat berbicara, berjalan ataupun melakukan sesuatu yang lain secara normal seperti halnya manusia lainnya. Rick melakukan aktivitasnya dari kursi roda. Namun, Dick dan istrinya ingin agar Rick hidup sebagaimana anak normal lainnya.

Suatu hari, Rick ingin mengikuti sebuah lomba lari. Karena keterbatasan yang dimilikinya, Rick hanya duduk di kursi roda yang didorong oleh ayahnya. Ternyata perlombaan lari yang diikutinya -meski Rick tidak benar-benar 'berlari'- membuat Rick merasa sangat senang. Ayahnya, Dick yang sebenarnya bukan seorang pelari dan hanya ingin membuat Rick bahagia kemudian mendaftarkan diri untuk lomba-lomba lari lainnya.

Rick merasa sangat bahagia ketika 'berlari' 
Dick bahkan mendaftarkan diri dalam perlombaan triathlon! Buat yang belum tau, triathlon itu balapan lari, renang dan sepeda secara kontinu melintasi jarak yang jauh. Hanya atlit terlatih saja yang bisa menuntaskan perlombaan triathlon. Sekali lagi, meski Dick bukan seorang pelari, tapi rasa cintanya terhadap anaknya membuatnya tetap bisa menuntaskan setiap balapan. Bahkan ketika berenang dalam triathlon, Dick mengikat tubuhnya dengan tali untuk menarik perahu yang dinaiki Rick.
Dick (berenang) menarik perahu Rick
Videonya bisa cari sendiri di Youtube. Ada banyak banget video tentang ayah dan anak ini, cukup ketik 'hoyt' dan hasilnya keluar semua. 

Pada intinya, melalui post ini saya ingin mengingatkan diri sendiri -dan yang membaca ini- bahwa menjadi pahlawan itu bukan tentang memiliki kekuatan super. Bukan melulu tentang melawan kekuatan jahat. Menjadi pahlawan adalah bagaimana cara untuk menjadi berarti untuk kehidupan orang lain.

"A hero is someone who has given his or her life to something bigger than oneself" - Joseph Campbell

Mulai sekarang, yuk kita belajar menjadi pahlawan :)

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)