Past That Matter : Stories Behind Photoghraphs

"Photography is a way of feeling, of touching, of loving. What you have captured on a film is captured forever. It remembers little things, long after you have forgotten everything" - Aaron Siskind

PROLOG
Bagi teman-teman yang sudah pernah mampir ke video visualisasi mimpi saya, mungkin engeh bahwa saya menggunakan beberapa foto saya pada saat saya masih kecil. Foto-foto itu adalah tujuan saya pulang kemarin selama beberapa jam setelah prosesi penyembelihan qurban di Asrama PPSDMS, untuk menyempurnakan flashback masa lalu dalam visualisasi mimpi saya.

Saat saya pulang dan mulai mencari foto mana yang sepertinya layak masuk ke dalam video, sejenak saya terdiam. Sejenak pula mata saya berkaca-kaca.

Saya melihat foto saya sekeluarga 15 tahun yang lalu, 18 tahun yang lalu ketika saya baru saja lahir, bahkan hampir 30 tahun yang lalu saat saya belum lahir dan kakak-kakak saya masih sangat kecil. Album foto keluarga saya merekam semuanya. Merekam sejarah masa kecil kami, masa muda orang tua kami dan masa tua nenek-kakek kami yang sekarang sudah berada di alam lain.

Past That Matter ini adalah sebuah seri post tentang rangkaian photostory saya dan keluarga , sebagai upaya penyelamatan dokumen bersejarah. Pada sesi pertama ini, saya memilih sekitar 20-an foto yang layak didokumentasikan ulang sesuai pembabakan waktu, dan akan dipost dalam beberapa chapter.

Malam tadi, ketika saya menghimpun dan menyeleksi beberapa foto yang akan saya scan dan upload, ibu saya ikut melihat-lihat album lama keluarga kami. Lalu datang kakak saya. Entah perasaan saya saja, tapi sepertinya saya melihat binaran mata yang aneh yang terpancar dari kedua mata mereka. They found  and they meet their past, even when time machine is'nt invented. Bagi mereka yang sudah berumur di atas 30 tahun, akan sangat sulit mengingat setiap kejadian dalam hidup mereka, dan setelah mereka melihat foto-foto yang merekam semuanya...... saya tidak tahu bagaimana perasaannya karena umur saya belum setua itu, tapi saya yakin ada sentimen emosional tersendiri. Berkaca-kaca mungkin?

Past That Matter mungkin bukanlah posting yang menarik untuk Anda baca. Tapi percayalah bahwa rangkaian foto-foto di dalam seri ini adalah mesin waktu yang melemparkan kami sekeluarga ke masa lampau. Perjalanan batin yang mempertemukan beberapa masa yang berbeda

Let the trip begin.

DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)