National Leadership Camp 2012 – An Introduction


PPSDMS Nurul Fikri menyelenggarakan National Leadership Camp yang diadakan tanggal 11-16 Juli 2012 di Gedung P4TK Jakarta dan Wisma Makara Universitas Indonesia. NLC 2012 adalah ajang pengukuhan dua generasi, Angkatan V yang dikukuhkan sebagai alumni dan Angkatan VI yang dikukuhkan sebagai peserta. Kedua angkatan diberikan materi sebagai pembekalan untuk menghadapi fase kehidupan selanjutnya, baik sebagai alumni maupun peserta. 

Sebagaimana dengan program pengembangan sumberdaya manusia yang lain, PPSDMS tetap memegang prinsip umum, yakni:
B=f(M)
B = Behavior/perilaku
M = Mindset/pola pikir

Atau jika dinyatakan secara verbal, bahwa perilaku adalah sebuah hasil dari fungsi pola pikir. Maka pendidikan karakter menitikberatkan pada perubahan pola pikir untuk menghasilkan nilai B yang semakin baik. Pola pikir adalah sebuah hal unik yang bisa dilatih, dibentuk, dihancurkan, dibuang dan ditanam ulang. NLC 2012 adalah tempat dimana pola pikir lama kami –yang salah- dikikis perlahan-lahan dan dibongkar sehancur-hancurnya, kemudian di dalamnya ditanamkan pola pikir baru yang lebih baik dari yang lama.

Analoginya jika pola pikir kami sebelumnya berbentuk burung dari kertas origami, maka NLC membuka kembali lipatannya ke kertas origami utuh, dan melipatnya kembali dalam bentuk pesawat terbang.

Tulisan ini mulai saya rintis baru pada saat 2 hari setelah NLC berakhir, memanfaatkan beberapa catatan yang saya tulis tangan saat di lokasi dan juga catatan teman-teman Regional 5 Bogor karena hari ke-4 saya sempat kolaps karena demam tinggi dan tidak ikut 3 materi. Berbeda dengan laporan perjalanan saya sebelumnya, kali ini tidak akan ada banyak foto karena saya memang tidak menagambil banyak gambar di sana. Saya mungkin hanya akan memanfaatkan beberapa dokumentasi panitia di akun @ppsdms untuk visualisasi, meskipun kualitas gambarnya kurang baik.

Tulisan ini akan menjadi proyek tulisan terpanjang yang pernah saya tulis sampai saat ini. Terpisah menjadi 7 bagian, 1 bagian ini (introduksi) dan sisanya adalah catatan per hari dalam NLC 2012.

Semoga akhir Juli, seluruh rangkaian tulisan ini dapat segera ter-publish, sehingga teman-teman semua yang menyempatkan diri untuk mampir ke blog ini dapat menyerap ilmu yang saya dapatkan pula selama NLC 2012. Salam semangat!

“Yang kami harap adalah……
                   Terbentuknya Indonesia yang lebih baik dan bernartabat serta kebaikan dari Allah –Pencipta Alam Semesta“

DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)