Contribution on The Spot: An Introduction


Ini adalah salah satu rangkaian pembinaan dalam PPSDMS yang cukup unik.

Secara kasar, kegiatan ini berawal dari sebuah kenyataan bahwa pada masa sekarang mahasiswa terlalu banyak memikirkan hal yang terlalu tinggi dan tidak nyata, terlalu banyak rapat dan bahkan (naudzubillah banget lah) tidak ada kontribusi apapun buat lingkungan sekitarnya.

Peserta dikelompokkan satu hari sebelum hari eksekusi dan diterjunkan ke beberapa wilayah di Bogor (kalau yang regional V) dan diberikan waktu selama dua setengah jam, dan dalam waktu itu kita harus melakukan sesuatu buat lingkungan yang kita singgahi. Kontribusi yang nyata dan konkret. Dalam waktu dua setengah jam itu pula, laporan perjalanan plus foto di lapangan harus telah tersaji dengan manis di dunia maya. Goal dari kegiatan ini simpelnya melatih mahasiswa supaya bisa berlaku spontan dan mampu bekerja dengan baik ketika diterjunkan ke masyarakat.

Sangat-sangat berbau ‘reality show’ saudara-saudara. Dan episode pertama yang harus saya lalui adalah: Pasar Kaget Babakan Raya, 8 Juli 2012. Saya akan mencoba merangkum semua yang terjadi di lapangan dan membungkusnya dengan gaya laporan perjalanan yang santai dan penuh canda.

Next Post: Contribution on The Spot 1st Episode: Pasar Kaget Bara!

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)