Apel Pertama


“Selamat datang di PPSDMS, semoga ini bisa menjadi rumah baru yang nyaman untuk kalian dan kalian mampu mengaktualisasikan diri dengan baik di tempat ini.” - Nazrul Anwar, Manajer Asrama PPSDMS Regional V

Sudah dua hari saya menginjakkan kaki di asrama PPSDMS dan sudah cukup banyak hal yang terjadi di tempat ini. Hari ini, sore tadi, saya melakukan apel resmi pertama saya lengkap dengan SOP apel yang ditentukan PPSDMS. Sedikit telat karena kami masih belum hafal benar lagu-lagu ‘wajib’ PPSDMS. 

Ini adalah quotes menarik dan inspiratif yang tersampaikan saat apel perdana:

“Pemimpin adalah seseorang yang selalu memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik. Ketika kita bertemu dengan seorang pengemis kita cukup mengangkat tangan sedikit untuk meminta maaf dan mengatakan secara tidak langsung bahwa kita tidak bisa memberikan apa-apa. Rasulullah SAW ketika menghadapi situasi yang sama mengucapkan, ‘Duhai pengemis, aku tidak memiliki sesuatu yang bisa kuberikan, namun adakah sesuatu yang dapat aku lakukan untukmu?’” – Nazrul Anwar, Manajer Asrama PPSDMS Regional V

Sampai saat ini, hanya tiga momen yang mampu membuat saya membuat mata saya sembab dan basah ketika apel atau upacara. Momen pertama saat saya menerima amanah ketua OSIS 3 tahun silam, momen kedua saat saya memberikan amanah ketua OSIS ke adik saya Mogibian Darmawan, dan momen ketiga adalah apel tadi sore. 

Ya, saya meneteskan air mata saat apel pertama tadi.

Momen pertama saya menangis karena merasa amanah ketua OSIS begitu berat. Saya dididik untuk memperlakukan jabatan sebagai sebuah bola api panas yang bisa membakar habis orang-orang yang memegangnya. Maka saya heran mengapa di dunia ini ada orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk menerima ‘bola api’ ini? Momen kedua karena saya telah selesai dengan pertanggungjawaban di dunia namun belum mengetahui bagaimana pertanggungjawaban di akhirat.

Momen ketiga, karena saya sadar bahwa uang umat telah mengalir dalam darah ini dan bingung bagaimana cara mempertanggungjawabkan semuanya.

Semoga saya mampu. Semoga.

POSTED IN ,
DISCUSSION 3 Comments

3 Responses to : Apel Pertama

  1. Miftahgeek says:

    Salam dari saya yang pernah bermimpi masuk keluarga PPSDMS :)

  2. Bangkoor says:

    semoga om. Turut merasakan gimana getirnya, gimana harunya, gimana bangganya.. enak ya jadi aktivis..

  3. @Miftahgeek: waalaikumsalam :)
    @Bangkoor: Aamiin Yaa Rabb :)

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)