Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: Kandang Primata

Pendahuluan : Objek ke-4 adalah objek terakhir dalam seri pertama Tour d' Terlupakan 2012 yang awalnya tidak direncanakan sama sekali. Ada beberapa tempat yang baru akan diobservasi pasca penulisan laporan seri pertama ini selesai. Objek ke-5 dan seterusnya sudah dalam perencanaan, insyaAllah semester ini total ada sekitar 6-7 objek yang akan selesai diobservasi. 
"IPB punya kandang primata?? Sejak kapan? Dimana??"
   
Sejarah : Saya juga gatau sejarah tempat ini gimana -_____- tidak ada keterangan apapun di situs, baik situs pribadi mahasiswa IPB maupun situs resmi IPB. Saya pernah mendengar bahwa ada kandang primata di kompleks kampus IPB Dramaga, tapi saya sama sekali tidak sadarbahwa lokasinya sangat dekat dengan Asrama Putra! Apakah pihak kampus bermaksud meletakkan kandang primata dekat Asrama Putra supaya berdekatan dengan 'primata' lainnya di C1-C3? Entahlah. Hanya Allah dan pimpinan kampus yang tau (lihat bagaimana saya menemukan lokasi ini di posting sebelumnya)
  
Nah ternyata kandang primata yang saya temukan ada 'dua' kompleks, ada yang lama dan ada yang dalam masa proyek pengerjaan. Proyek pengerjaannya digarap oleh kontraktor yang sama dengan proyek Common Class dan Teaching Lab *oke saya juga sampai sekarang heran banget kok baru sekarang tau ada proyek pembangunan kandang primata di deket Astra -____-
proyek pembangunan Kandang Primata (baru). anak IPB yang baru pertama liat gambar proyek ini acung tangan!
Lokasi : Lokasinya kandang primata ini di bawah Asrama Putra. Dari Astra turun aja terus ke bawah, nanti ada belokan ke kiri. Jalannya jalan tanah, lumayan becek karena kemarin pas saya kesana malamnya hujan. Lurus terus aja nanti ada proyek pembangunan kandang primata baru

progress proyek Kandang Primata (baru) per tanggal 12 Januari 2012
Agak majuan sedikit nanti ada portal (lupa saya foto) lalu ada bangunan yang awalnya kami anggap rumah. Ada ventilasi kecil di bagian bawahnya (rumah ini juga lupa saya foto huhu maaf) dan ada makhluk aneh jalan-jalan di dalam rumah itu. Awalnya dikira anjing, eh ternyata setelah diamati... itu monyet. 

Kondisi: Kandang primata (lama) yang kami observasi ternyata cukup besar. terdiri atas satu bangunan seperti penjara dan beberapa kandang yang terbuat dari kawat. Bangunan seperti penjara berada sejajar dengan jalan dari proyek Kandang Primata (baru), sedangkan kandang kawat berada di bawahnya, setelah jalan turunan yang berada di samping kandang penjara. 
kandang kawat yang isinya primata, 12 Januari 2012. daerah jalan sekitar sini sangat bau pesing -____-
Kalau diperhatikan foto di atas, coba perhatikan buntut/ekornya!
Primata yang berada di dalam kandang itu ekornya panjang! 

Semua mahasiswa IPB pasti sadar apa maksudnya (kecuali kalo kuliah PIPnya ga lulus)
Berarti kemungkinan besar primata yang berada di dalam kandang ini adalah Macaca fascicularis yang ada dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian dan ditangkarkan di Pulau Tinjil milik IPB. 

Tapi sebenernya itu ga aneh juga sih, mengingat Macaca fascicularis adalah kera yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus, atau percobaan laboratorium (Monyet - Wikipedia)

Jalan itu sebenarnya masih panjang ke arah sungai, tapi saya ga lanjut karena baunya yang sangat menyengat. Bau pesing. Huh. 

Kesimpulan Tour d' Terlupakan 2012 Seri I (Objek 1-4)
Masih banyak sekali objek-objek tersembunyi dan terlupakan di dalam kompleks kampus IPB, terutama IPB Dramaga. 267 ha itu luaaass sekali. 

Hal-hal yang terlupakan berarti perlu perhatian lebih. Saya melakukan jalan-jalan ini semata-mata agar segenap civitas IPB sadar bahwa masih banyak tempat yang belum mereka ketahui keberadaannya.

Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: Kandang Primata. Completed
Tour d' Terlupakan 2012 1st Session (1st Object-4th Object). Completed.
Up Next:
Tour d' Terlupakan 2012 2nd Session! :D

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)