Tour d' Terlupakan 2012 3rd Object: Kolam Pemancingan Bersama

loh loh mana gambar kolam pemancingannya? siapa orang-orang ini?? -___-"

Berbeda dengan dua objek sebelumnya, objek ini belum pernah saya jamah ataupun saya lihat sebelumnya. Jadi Tour d' Terlupakan edisi yang ini murni jelajah, bukan sekedar ambil gambar dan observasi (dan saya juga yakin sangat sedikit mahasiswa IPB yang tau dan pernah ke tempat ini) Jadi khusus untuk tempat ini saya akan ceritakan dengan lengkap bagaimana kronologis penemuan tempat ini dan juga sekaligus menjelaskan tahapan-tahapan yang terjadi selama Tour ini berlangsung.

Oke pertama-tama saya akan menjelaskan bahwa Tour ini awalnya dijalani oleh 3 orang, yakni saya, Iqbal (SVK 48) sama Parara (MAT 48) (mereka berdua itu orang yang ada di foto di atas) dengan tujuan pertama adalah Kolam Pemancingan

Kenapa Kolam Pemancingan?
Narasi di Koran Kampus menyebutkan bahwa lokasi objek ini berada di belakang pos satpam pintu 2 kampus Dramaga, di belakang pos satpam. Tafsiran saya tentang pintu 2 adalah pintu belakang IPB yang di bawah kompleks Asrama Putra. Karena pintu belakang itu sangat dekat dari asrama yaa jadilah objek pertama yang direncanakan akan dikunjungi. Rumah Pompa adalah objek kedua dan Barisan Batu Jembatan LSI objek ketiga. Pas dengan rute saya karena saya ada keperluan ke daerah Leuwikopo untuk nyari tempat kosan.

Jadi, 12 Januari 2012, jam 7 pagi saya berangkat bersama Iqbal ama Parara ke tempat tersebut. 

Menjelang pintu belakang IPB, saya menemukan belokan asing ke arah kiri (dari arah Asrama Putra) dan mengira bahwa kolam pemancingan ada di sana. Ternyata belokan itu adalah lokasi objek yang sama sekali tidak direncanakan. Objek ke-4. Apakah itu? Tunggu posting berikutnya! :D

Anyway, kami tidak menemukan titik terang lokasi kolam pemancingan. Satpam yang kami tanya malah mengatakan lokasinya di kawasan Situburung, dan itu ga sesuai dengan narasi dari Korpus. Tapi menurut warga sekitar ada 1 tempat pemancingan yang awalnya kami curigai sebagai kolam pemancingan yang dimaksud. Foto paling atas adalah perjalanan kami menyusuri jalan menuju kolam pemancingan yang dimaksud warga. 

Setelah jauh jalan akhirnya kami nyerah karena belum sarapan. Lagipula tempatnya rada aneh, ga ada tanda-tanda bakal ada kolam pemancingan
putus asa, dan kembali pulang
Ada alasan lain kenapa kami menghentikan pencarian, yakni karena Iqbal harus cepat-cepat berangkat ke bandara buat pulang ke Palembang. Jadi okeh saat itu sepertinya pencarian kolam pemancingan sepertinya akan ditunda pada semester depan.

Setelah balik ke asrama, saya melanjutkan perjalanan sendirian ke Rumah Pompa dan Barisan Batu LSI. Abis itu saya ke daerah Leuwikopo buat ketemu kakak kelas nyari tempat kosan. Di perjalanan menuju daerah Leuwikopo, saya menemukan satu plang, yang merubah segalanya.
ini diaaa pintu 2 yang dimaksud redaksi Korpus! *LOL
Jadi ternyata pintu 2 yang dimaksud adalah pintu 2 depan kampus yang hanya digunakan untuk jalan masuk Rektor menuju Gedung AHN. Ternyata tafsiran saya terhadap di belakang pos satpam pintu 2 kampus Dramaga, di belakang pos satpam ternyata keliru sejak awal. Pintu 2 bukan berarti pintu belakang, dan kalau pintu 2 yang dimaksud ada di depan, maka satu-satunya kemungkinan pos satpam yang dimaksud adalah Kantor Unit Keamanan Kampus!

dan akhirnyaa...

inilah dia Kolam Pemancingan Bersama IPB, 12 Januari 2012
"Kolam yang awalnya dinamakan Kolam Pemancingan Bersama didirikan beberapa tahun yang lalu dan diresmikan oleh Rektor IPB saat itu. Dimaksudkan untuk tempat rekreasi dan dahulu sering digunakan sebagai tempat berkumpul mahasiswa karena lingkungannya yang teduh dan nyaman" - Koran Kampus

Benar seperti narasi dari Korpus, wilayahnya memang benar-benar teduh dan nyaman. Namun kondisi saung yang  berada di pinggir menjorok ke tengah sangat tidak terawat. Kondisi bambu sangat lapuk. Dan sebenarnya ada semacam jembatan yang menghubungkan dari satu tepi ke tepi yang lain, terbuat dari bambu (perhatikan di pojok kanan bawah foto di atas) dalam kondisi yang lebih memprihatinkan : hancur. 

kondisi saung yang cukup memprihatinkan. bambunya sudah lapuk
Di objek ini saya juga mendapatkan salah seorang pegawai UKK yang lagi nongkrong di sekitaran kawasan kolam. Saya akhirnya menanyakan beberapa hal mengenai sejarah kolam ini. 

Kolam ini sejatinya dibangun untuk keperluan rekreasi bagi masyarakat IPB. Bukan cuma mahasiswa, tetapi juga untuk staf, pekerja dan masyarakat lingkar kampus IPB. Pengelolaannya diserahkan kepada UKK mengingat letaknya berdekatan dengan kantor UKK (hal ini janggal. apa yang janggal? tunggu tanggal mainnya!)  Dulu ketika masih ramai, kolam ini bahkan mengadakan lomba mancing setiap Dies Natalis IPB. Banyak hadiahnya.

Namun sekarang, kolam pemancingan ini tinggal sejarah. Tidak bagusnya sistem sirkulasi air karena hanya mengandalkan air hujan dan tidak tersedianya sumber air bagi ikan-ikan di kolam menyebabkan banyak ikan yang mati. Dan akhirnya ditinggalkan. 

Kolam pemancingan ini tetap akan menjadi sejarah apabila tidak ada tindakan dari pihak kempus untuk menghidupkannya kembali. Potensinya besar sekali, sayang pengelolaannya tidak maksimal.
sisa-sisa ikan kecil yang masih hidup di kolam pemancingan, menunggu kolam 'dihidupkan' kembali

Tour d' Terlupakan 2012 3rd Object: Kolam Pemancingan Bersama. Completed.
Up Next:
Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: ????????????? -rahasia-.

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)