Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: Kandang Primata

Pendahuluan : Objek ke-4 adalah objek terakhir dalam seri pertama Tour d' Terlupakan 2012 yang awalnya tidak direncanakan sama sekali. Ada beberapa tempat yang baru akan diobservasi pasca penulisan laporan seri pertama ini selesai. Objek ke-5 dan seterusnya sudah dalam perencanaan, insyaAllah semester ini total ada sekitar 6-7 objek yang akan selesai diobservasi. 
"IPB punya kandang primata?? Sejak kapan? Dimana??"
   
Sejarah : Saya juga gatau sejarah tempat ini gimana -_____- tidak ada keterangan apapun di situs, baik situs pribadi mahasiswa IPB maupun situs resmi IPB. Saya pernah mendengar bahwa ada kandang primata di kompleks kampus IPB Dramaga, tapi saya sama sekali tidak sadarbahwa lokasinya sangat dekat dengan Asrama Putra! Apakah pihak kampus bermaksud meletakkan kandang primata dekat Asrama Putra supaya berdekatan dengan 'primata' lainnya di C1-C3? Entahlah. Hanya Allah dan pimpinan kampus yang tau (lihat bagaimana saya menemukan lokasi ini di posting sebelumnya)
  
Nah ternyata kandang primata yang saya temukan ada 'dua' kompleks, ada yang lama dan ada yang dalam masa proyek pengerjaan. Proyek pengerjaannya digarap oleh kontraktor yang sama dengan proyek Common Class dan Teaching Lab *oke saya juga sampai sekarang heran banget kok baru sekarang tau ada proyek pembangunan kandang primata di deket Astra -____-
proyek pembangunan Kandang Primata (baru). anak IPB yang baru pertama liat gambar proyek ini acung tangan!
Lokasi : Lokasinya kandang primata ini di bawah Asrama Putra. Dari Astra turun aja terus ke bawah, nanti ada belokan ke kiri. Jalannya jalan tanah, lumayan becek karena kemarin pas saya kesana malamnya hujan. Lurus terus aja nanti ada proyek pembangunan kandang primata baru

progress proyek Kandang Primata (baru) per tanggal 12 Januari 2012
Agak majuan sedikit nanti ada portal (lupa saya foto) lalu ada bangunan yang awalnya kami anggap rumah. Ada ventilasi kecil di bagian bawahnya (rumah ini juga lupa saya foto huhu maaf) dan ada makhluk aneh jalan-jalan di dalam rumah itu. Awalnya dikira anjing, eh ternyata setelah diamati... itu monyet. 

Kondisi: Kandang primata (lama) yang kami observasi ternyata cukup besar. terdiri atas satu bangunan seperti penjara dan beberapa kandang yang terbuat dari kawat. Bangunan seperti penjara berada sejajar dengan jalan dari proyek Kandang Primata (baru), sedangkan kandang kawat berada di bawahnya, setelah jalan turunan yang berada di samping kandang penjara. 
kandang kawat yang isinya primata, 12 Januari 2012. daerah jalan sekitar sini sangat bau pesing -____-
Kalau diperhatikan foto di atas, coba perhatikan buntut/ekornya!
Primata yang berada di dalam kandang itu ekornya panjang! 

Semua mahasiswa IPB pasti sadar apa maksudnya (kecuali kalo kuliah PIPnya ga lulus)
Berarti kemungkinan besar primata yang berada di dalam kandang ini adalah Macaca fascicularis yang ada dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian dan ditangkarkan di Pulau Tinjil milik IPB. 

Tapi sebenernya itu ga aneh juga sih, mengingat Macaca fascicularis adalah kera yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus, atau percobaan laboratorium (Monyet - Wikipedia)

Jalan itu sebenarnya masih panjang ke arah sungai, tapi saya ga lanjut karena baunya yang sangat menyengat. Bau pesing. Huh. 

Kesimpulan Tour d' Terlupakan 2012 Seri I (Objek 1-4)
Masih banyak sekali objek-objek tersembunyi dan terlupakan di dalam kompleks kampus IPB, terutama IPB Dramaga. 267 ha itu luaaass sekali. 

Hal-hal yang terlupakan berarti perlu perhatian lebih. Saya melakukan jalan-jalan ini semata-mata agar segenap civitas IPB sadar bahwa masih banyak tempat yang belum mereka ketahui keberadaannya.

Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: Kandang Primata. Completed
Tour d' Terlupakan 2012 1st Session (1st Object-4th Object). Completed.
Up Next:
Tour d' Terlupakan 2012 2nd Session! :D

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Tour d' Terlupakan 2012 3rd Object: Kolam Pemancingan Bersama

loh loh mana gambar kolam pemancingannya? siapa orang-orang ini?? -___-"

Berbeda dengan dua objek sebelumnya, objek ini belum pernah saya jamah ataupun saya lihat sebelumnya. Jadi Tour d' Terlupakan edisi yang ini murni jelajah, bukan sekedar ambil gambar dan observasi (dan saya juga yakin sangat sedikit mahasiswa IPB yang tau dan pernah ke tempat ini) Jadi khusus untuk tempat ini saya akan ceritakan dengan lengkap bagaimana kronologis penemuan tempat ini dan juga sekaligus menjelaskan tahapan-tahapan yang terjadi selama Tour ini berlangsung.

Oke pertama-tama saya akan menjelaskan bahwa Tour ini awalnya dijalani oleh 3 orang, yakni saya, Iqbal (SVK 48) sama Parara (MAT 48) (mereka berdua itu orang yang ada di foto di atas) dengan tujuan pertama adalah Kolam Pemancingan

Kenapa Kolam Pemancingan?
Narasi di Koran Kampus menyebutkan bahwa lokasi objek ini berada di belakang pos satpam pintu 2 kampus Dramaga, di belakang pos satpam. Tafsiran saya tentang pintu 2 adalah pintu belakang IPB yang di bawah kompleks Asrama Putra. Karena pintu belakang itu sangat dekat dari asrama yaa jadilah objek pertama yang direncanakan akan dikunjungi. Rumah Pompa adalah objek kedua dan Barisan Batu Jembatan LSI objek ketiga. Pas dengan rute saya karena saya ada keperluan ke daerah Leuwikopo untuk nyari tempat kosan.

Jadi, 12 Januari 2012, jam 7 pagi saya berangkat bersama Iqbal ama Parara ke tempat tersebut. 

Menjelang pintu belakang IPB, saya menemukan belokan asing ke arah kiri (dari arah Asrama Putra) dan mengira bahwa kolam pemancingan ada di sana. Ternyata belokan itu adalah lokasi objek yang sama sekali tidak direncanakan. Objek ke-4. Apakah itu? Tunggu posting berikutnya! :D

Anyway, kami tidak menemukan titik terang lokasi kolam pemancingan. Satpam yang kami tanya malah mengatakan lokasinya di kawasan Situburung, dan itu ga sesuai dengan narasi dari Korpus. Tapi menurut warga sekitar ada 1 tempat pemancingan yang awalnya kami curigai sebagai kolam pemancingan yang dimaksud. Foto paling atas adalah perjalanan kami menyusuri jalan menuju kolam pemancingan yang dimaksud warga. 

Setelah jauh jalan akhirnya kami nyerah karena belum sarapan. Lagipula tempatnya rada aneh, ga ada tanda-tanda bakal ada kolam pemancingan
putus asa, dan kembali pulang
Ada alasan lain kenapa kami menghentikan pencarian, yakni karena Iqbal harus cepat-cepat berangkat ke bandara buat pulang ke Palembang. Jadi okeh saat itu sepertinya pencarian kolam pemancingan sepertinya akan ditunda pada semester depan.

Setelah balik ke asrama, saya melanjutkan perjalanan sendirian ke Rumah Pompa dan Barisan Batu LSI. Abis itu saya ke daerah Leuwikopo buat ketemu kakak kelas nyari tempat kosan. Di perjalanan menuju daerah Leuwikopo, saya menemukan satu plang, yang merubah segalanya.
ini diaaa pintu 2 yang dimaksud redaksi Korpus! *LOL
Jadi ternyata pintu 2 yang dimaksud adalah pintu 2 depan kampus yang hanya digunakan untuk jalan masuk Rektor menuju Gedung AHN. Ternyata tafsiran saya terhadap di belakang pos satpam pintu 2 kampus Dramaga, di belakang pos satpam ternyata keliru sejak awal. Pintu 2 bukan berarti pintu belakang, dan kalau pintu 2 yang dimaksud ada di depan, maka satu-satunya kemungkinan pos satpam yang dimaksud adalah Kantor Unit Keamanan Kampus!

dan akhirnyaa...

inilah dia Kolam Pemancingan Bersama IPB, 12 Januari 2012
"Kolam yang awalnya dinamakan Kolam Pemancingan Bersama didirikan beberapa tahun yang lalu dan diresmikan oleh Rektor IPB saat itu. Dimaksudkan untuk tempat rekreasi dan dahulu sering digunakan sebagai tempat berkumpul mahasiswa karena lingkungannya yang teduh dan nyaman" - Koran Kampus

Benar seperti narasi dari Korpus, wilayahnya memang benar-benar teduh dan nyaman. Namun kondisi saung yang  berada di pinggir menjorok ke tengah sangat tidak terawat. Kondisi bambu sangat lapuk. Dan sebenarnya ada semacam jembatan yang menghubungkan dari satu tepi ke tepi yang lain, terbuat dari bambu (perhatikan di pojok kanan bawah foto di atas) dalam kondisi yang lebih memprihatinkan : hancur. 

kondisi saung yang cukup memprihatinkan. bambunya sudah lapuk
Di objek ini saya juga mendapatkan salah seorang pegawai UKK yang lagi nongkrong di sekitaran kawasan kolam. Saya akhirnya menanyakan beberapa hal mengenai sejarah kolam ini. 

Kolam ini sejatinya dibangun untuk keperluan rekreasi bagi masyarakat IPB. Bukan cuma mahasiswa, tetapi juga untuk staf, pekerja dan masyarakat lingkar kampus IPB. Pengelolaannya diserahkan kepada UKK mengingat letaknya berdekatan dengan kantor UKK (hal ini janggal. apa yang janggal? tunggu tanggal mainnya!)  Dulu ketika masih ramai, kolam ini bahkan mengadakan lomba mancing setiap Dies Natalis IPB. Banyak hadiahnya.

Namun sekarang, kolam pemancingan ini tinggal sejarah. Tidak bagusnya sistem sirkulasi air karena hanya mengandalkan air hujan dan tidak tersedianya sumber air bagi ikan-ikan di kolam menyebabkan banyak ikan yang mati. Dan akhirnya ditinggalkan. 

Kolam pemancingan ini tetap akan menjadi sejarah apabila tidak ada tindakan dari pihak kempus untuk menghidupkannya kembali. Potensinya besar sekali, sayang pengelolaannya tidak maksimal.
sisa-sisa ikan kecil yang masih hidup di kolam pemancingan, menunggu kolam 'dihidupkan' kembali

Tour d' Terlupakan 2012 3rd Object: Kolam Pemancingan Bersama. Completed.
Up Next:
Tour d' Terlupakan 2012 4th Object: ????????????? -rahasia-.

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Tour d' Terlupakan 2012 2nd Object: Barisan Batu Jembatan LSI

Barisan Batu Jembatan LSI, tampak jauh dari samping Auditorium LSI, 12 Januari 2012
“Barisan Batu di bawah jembatan LSI telah dibangun sejak 22 tahun yang lalu. Memiliki fungsi sebagai tempat pijakan untuk menuju tangga yang lain dan bisa pula digunakan sebagai tempat duduk ketika memancing. Selain itu, dari sini kita bisa menikmati pemandangan danau yang (dulu) indah dan menawan” - Koran Kampus
Sama seperti objek pertama, objek kedua ini sudah cukup familiar dengan saya, walaupun  sebenarnya sebelum Tour d' Terlupakan ini dilakukan saya belum pernah turun buat jalan  di barisan batu ini. Ohiya sekedar informasi tambahan, bagi Anda yang bingung apa itu kepanjangan dari LSI, jangan tanya saya karena sejatinya sampai sekarang (setiap orang yang saya tanya) tidak pernah ada yang tau kepanjangannya -__- *ini perlu jadi topik penelitian bulan depan. Tapi intinya di IPB, LSI merujuk pada gedung Perpustakaan Pusat IPB.

tangga turun menuju barisan batu. banyak sekali coret-coretan alay, duh
Di sekitaran tangga turun menuju barisan batu banyak sekali terdapat buah tangan usil coret-coretan alay. Bulan ini juga setelah tulisan seri Tour d' Terlupakan, saya akan membahas tentang hal ini, tentang kebiadaban vandalisme alay di lingkungan kampus. Huh.
dan inilah dia, Barisan Batu Jembatan LSI! :D
Setelah sampai di bawah, saya harus mengakui bahwa danau LSI sebenarnya cukup indah apabila dilihat dari sudut yang tepat dan andaikan... airnya tidak sedemikian hijau tentunya. 
ini semacam pintu air gitu sepertinya
Jujur, ketika membayangkan bahwa barisan batu ini dibuat sejak 22 tahun yang lalu untuk keperluan duduk sambil memancing, pasti pembuatnya saat itu sedih apabila melihat kondisinya sekarang. 

Sebenarnya pihak pimpinan kampus bisa saja merevitalisasi objek ini menjadi sebuah objek wisata dan hiburan untuk mahasiswa. Atau sekadar melepas penat pasca UAS, galau akademik, eh tunggu kalau galau jangan kemari deh, dorongan dan motivasi bunuh diri di sini cukup tinggi mempertimbangkan tidak ada jarak sama sekali dengan danau dengan kedalaman yang mengerikan. Jangan kemari kalau galau. Untung saya bukan penggalau hoho.

Intinya, seperti objek pertama, objek ini patut menjadi perhatian bagi pihak kampus karena letaknya yang (juga) berdekatan dengan Gedung Andi Hakim Nasution (Rektorat).Bukan cuma barisan batunya, danau LSI nya juga patut diberi perhatian lebih. Mengingat hanya ini satu-satunya danau di lingkungan IPB Dramaga yang (seharusnya) dimanfaatkan maksimal untuk keperluan penelitian, akademik dan rekreasi mahasiswa. 

Tour d' Terlupakan 2012 2nd Object: Barisan Batu Jembatan LSI. Completed.
Up Next :
Tour d' Terlupakan 2012 3rd Object: Kolam Pemancingan Bersama!

POSTED IN
DISCUSSION 4 Comments

Tour d’ Terlupakan 2012 1st Object: Rumah Pompa

Rumah Pompa, 12 Januari 2012

Rumah pompa merupakan bangunan tua yang terletak di samping Masjid Al-Hurriyyah yang sejatinya berfungsi sebagai pusat penyaluran air ke lingkungan kampus. Namun kondisinya saat ini kurang diperhatikan. Terlihat akar pohon beringin tumbuh menjalari bagian dindingrumah pompa tersebut.” -Koran Kampus
 
Saya sebenernya udah lama engeh sama bangunan ini, sekitar 3 bulan yang lalu. Tapi anehnya sebelum 3 bulan yang lalu saya bener-bener luput ngeliat kalo ini adalah sebuah bangunan. Utuh. Saya juga sebenernya nyadar gara-gara temen sekelas saya nanya ini bangunan apaan *padahal saya sendiri belom nyadar -____-
akar beringin level : super binal
Akar pohon beringinnya bener-bener udah tebel dan kuat. Kayaknya ini bangunan udah ada dari jaman Al-Hurriyyah belom ada. Yaa meskipun pihak Koran Kampus juga ga menyebutkan kapan berdirinya rumah pompa ini, tapi dari lapuknya tembok rumah dan intensitas akar beringin yang udah menjalar kemana-mana membuktikan bahwa bangunan ini paling tidak udah berumur 30 tahun.

Yang terakhir mengenai fungsinya sekarang, saya sampai saat Tour d’ Terlupakan ga nemu pihak yang bisa ditanya lebih lanjut karena memang kampus udah sepi banget, jadi saya gatau apakah rumah pompa ini masih berfungsi atau tidak. Isinya juga sebenernya saya gatau bentuknya kayak gimana karena… ga keliatan mana pintu masuknya -___-
lumutnya juga ga kalah binal sama akar beringin
Kayaknya kampus perlu memperhatikan lagi sarana yang terbengkalai kayak gini, karena letaknya yang sangat berdekatan dengan salah satu landmark besar IPB (Al-Hurriyyah) berpotensi merusak pemandangan karena bangunannya sangat tidak terawat.

Tour d’ Terlupakan 2012 1st Object: Rumah Pompa. Completed.
Up Next:
Tour d' Terlupakan 2012 2nd Object: Barisan Batu Jembatan LSI!

POSTED IN
DISCUSSION 2 Comments

Tour d’ Terlupakan 2012 : Prolog

“Kampus IPB yang baru beberapa waktu yang lalu menghelat dies natalis-nya yang ke 48, saat ini tengah dalam proses pengembangan infrastruktur, akan tetapi di tengah gemerlap infrastruktur tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang kecil lalu terlupakan. Atau bahkan mungkin sengaja dilupakan.“ Buletin Koran Kampus IPB Edisi 3 Desember 2011
"Terlupakan atau Dilupakan?" Buletin Koran Kampus IPB Edisi 3 Desember 2011
Berangkat dari artikel inilah, pada tanggal 12 Januari 2012 kemarin saya menelusuri tempat-tempat yang disorot dalam bulletin Korpus ini. Dari beberapa hal yang dianggap redaksi Korpus sebagai  hal yang ‘terlupakan’, ada 3 tempat yang secara fisik sangat menarik untuk dikunjungi dan diobervasi. Tempat ini antara lain :

1.    1. Rumah Pompa Masjid Al-Hurriyyah
2.    2. Barisan Batu Jembatan LSI
3.    3. Kolam Pemancingan Bersama

Daaaaan ternyata dalam perjalanan saya mencari ketiga tempat ini, saya malah nyasar ke tempat lain yang ternyata juga cukup ‘terlupakan’ di lingkungan civitas IPB.

Jadi total objek yang dikunjungi dalam Tour d’ Terlupakan 2012 kali ini totalnya ada 4, rinciannya 3 tempat di atas dan 1 tempat rahasia yang belum akan saya beberkan di prolog ini. 

Bagaimana kelanjutan Tour d’ Terlupakan 2012? Bagaimana kondisi bangunan dan objek itu sekarang? Tetap stay tuned untuk update selanjutnya! :D

POSTED IN ,
DISCUSSION 0 Comments

Digantung di Atas Langit

Janji sudah kami ucapkan, dan sudah tergantung di atas langit. Menunggu apakah kami menepati atau mengingkari janji atas nama Allah.

"Kami selaku anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor periode 2011/2012 dengan ini berjanji : Demi Allah, akan mengemban amanah sebagai anggota BEM TPB IPB...." - Janji Pelantikan BEM TPB IPB 2011/2012
 
Digantung di atas langit, menunggu penghakiman. 
 

DISCUSSION 0 Comments

Ocean's Twelve Versi Madani :)

"Twelve is the new eleven" - Ocean's Twelve

Tahun ini dapet tambahan amanah, juga dapet tambahan keluarga. Departemen Soskemah BEM TPB IPB Kabinet Madani! :D

Departemen ini isinya 12 orang, persis kayak sekuel film kriminal gengnya Danny Ocean. Tapi kami bukan kriminal, kami adalah pejuang bagi kaum papa yang membutuhkan bantuan kesejahteraan, untuk segenap warga TPB yang jumlahnya lebih dari 3700 orang.

Pertama kali ngeliat personel departemen ini, ternyata.... saya udah pada kenal dari jamannya magang dulu -___- plus beberapa muka-muka baru. Ketua departemennya Wibawa Furqona a.k.a Furqon GFM 48. Berikut adalah beberapa dokumentasi narsis waktu beberapa kali gathering pra-RKAT :

ini waktu abis sarapan bareng di Kantin Dilla. muka saya ketutupan Yuana, sial -______-

pasca pelantikan LK TPB di Node TPB. bahagia banget mukanya
Keluarga baru. Lagi. Terima kasih Yaa Allah

Ajat Sudrajat I24110009. Ariyanto Pamungkas G54110056. Delmar Zakana Firdaus F34110093. Elsa Safira Kinanti F24110025. Ferdika M. S. A34110018. Muhammad Iqbal A24110059. Nida Khafia A24110154. Wibawa Furqona G24110023. Yuana Zahra I24110066. Ratih Dwi Astrini H34110057. Elfrida Oktaviani A34110081. Salman Fajri H34110090.
Departemen Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa
Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama
Kabinet Madani
:)

DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)