Pertanian Adalah Masalah Hidup atau Mati..


“Aku bertanja kepadamu: sedangkan rakjat Indonesia akan mengalami tjelaka, bentjana, mala-petaka, dalam waktu jang dekat kalau soal makanan rakjat tidak segera dipetjahkan, sedangkan soal persediaan makanan rakjat ini bagi kita adalah soal hidup atau mati, kenapa dari kalangan-kalanganmu? Kenapa buat tahun 1951/1952 jang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa fakultet pertanian hanja 120 orang, dan bagi fakultet kedokteran chewan hanya 7 orang? Tidak, pemuda-pemudiku, studie ilmu pertanian dan ilmu perchewanan tidak kurang penting dari studie lain-lain, tidak kurang memuaskan djiwa yang bertjita-tjita dan pada studie jang lain-lain. Tjamkan, sekali lagi tjamkan, kalau kita tidak “tjampakkan” soal makanan rakjat ini setjara besar-besaran, setjara radikal dan revolusioner,kita akan mengalami malapetaka!
(Pidato Presiden RI Soekarno pada peresmian Kampus IPB Baranangsiang, 1952)

Ini adalah salah satu kata-kata pendiri negeri ini yang membuat saya tidak menyesal menjadi mahasiswa pertanian Indonesia :) 
Hidup mahasiswa! Hidup pertanian Indonesia! 

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Kata Camila...

“Entah kenapa ngeliat ketua BEM UI, bang maman, orasi, kayak ngeliat elu mar. haha”

-Camila Bani Alawia Baraqbah, Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2011

Entahlah mil, gue merasa ga jago orasi. Tapi gue appreciate atas wall lo yang satu ini, bikin tambah semangat menghadapi dunia perkampusan yang (ternyata) penuh lika-liku :)

Paling engga ada yang nganggep gue rada keren daripada rupa aslinya hahahahaPhotobucket 

POSTED IN
DISCUSSION 1 Comment

Berbagai Definisi 'Pengki' di Asrama

Masalah perbedaan bahasa memang menjadi salah satu kendala di asrama. Ini salah satunya :
Saya, orang Jakarta berdarah Jawa. Lukman, orang Jawa asli asalnya dari Jember dan Alam orang Sunda asal Cianjur.
S : “Lam punya pengki engga?”
A: “Pengki? Apaan pengki?” *bingung seolah sejak kecil ga pernah tau apa itu pengki
S: “Itu tuh” *sembari nunjuk ke arah pengki di belakang lemari kamar
A : “Pengki? Kok pengki sih? Ini mah namanya SOSODOK” *logat sunda kental
S : *syok berat, baru denger kosakata SOSODOK, abis itu nanya ke Lukman yang lagi bengong di depan pintu kamar, “Man, kalo bahasa jawa ini namanya apaan?”
L : “SEROKAN” *datar
Padahal suku kami ga jauh-jauh amat, tapi ternyata untuk satu benda yang sederhana kami mengenalnya dengan kata yang berbeda. Karena pelangi mengajarkan kami indahnya perbedaan, maka kami tidak pernah risih karenanya. :)

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)