Persahabatan Dari Negeri Cina

Judul : Pearl Of China
Penulis : Anchee Min
Penerbit : Qanita
Jenis Novel : Novel Terjemahan, Fiksi, Sejarah
Cetakan : I : Februari 2011
Tebal Buku : 387 halaman
ISBN : 978-602-8579-62-9

Anchee Min, penulis berdarah Cina yang terkenal dengan novel The Last Empress yang menceritakan tentang wanita yang berkuasa di China pada abad ke-20, kembali dengan novel yang juga menceritakan tentang wanita. Pearl Of China bercerita tentang Pearl S. Buck, seorang putri missionaris asal Amerika yang sangat jatuh cinta pada negeri Cina. Novel ini berkutat pada kisah persahabatannya dengan seorang tokoh fiksi bernama Willow yang asli dari Cina.

Pearl yang berasal dari Amerika sejak kecil sudah tinggal di Cina, tepatnya di Chin-kiang. Ayahnya adalah seorang misionaris Kristiani asal Amerika yang bernama Absalom. Absalom adalah misionaris yang dikirim ke Cina untuk menyebarkan agamanya di negeri Cina yang mayoritas memuja dewa. Banyak sekali hal-hal lucu dan satire halus dalam kisah penyebaran agama di wilayah pemujaan dewa.

Pearl pertama kali mengenal Willow ketika menangkap basah Willow yang sedang mencuri di rumahnya. Semenjak saat itu Willow dan Pearl berteman sangat baik. Pearl yang sejak kecil tidak pernah tahu bagaimana tanah airnya sendiri, Amerika, mendapati dirinya jatuh cinta dengan Cina dan penduduknya.

Bahkan ketika pernikahan dan konflik politik yang melanda negeri Cina mengguncang persahabatan mereka, Pearl dan Willow tetap bergeming. Latar belakang kisah ini adalah Cina pada masa Mao yang sangat anti-Amerika. Mao menganggap bahwa Pearl dan orang Amerika lain di Cina adalah musuh yang harus dilenyapkan. Berbagai bumbu cerita dalam kisah ini menambah manisnya persahabatan lintas negara antara Pearl dan Willow.

Pearl S. Buck dan keluarganya adalah tokoh nyata. Kisahnya di Cina juga benar-benar terjadi. Namun kisah persahabatan dengan Willow adalah fiksi. Walaupun demikian, Anchee Min dalam catatannya di akhir buku mengatakan bahwa bukan tidak mungkin kisah ini benar-benar terjadi dalam kehidupan Pearl S. Buck, karena pada kenyataannya literature tentang kehidupan persahabatan Pearl S. Buck selama di Cina nyaris tidak ada.

Anchee Min sendiri pada saat Revolusi Kebudayaan Cina adalah salah satu orang yang diperintahkan untuk ‘menyerang’ Pearl S. Buck. Madam Mao mengorganisasi kampanye nasional yang mengkritik Buck sebagai “Budayawan imperialis Amerika”. Namun setelah beranjak dewasa dan tinggal di Amerika, Min kemudian membaca buku karya Buck yang berjudul The Good Earth. Dan setelah membaca buku itu Min sadar akan kesalahannya di masa lalu. Buck bukanlah imperialis Amerika yang berniat menghancurkan Cina! Apa yang ditulis oleh Buck dalam The Good Earth adalah gambaran Cina paling humanis yang pernah ia lihat. Terlebih karena Buck adalah orang asing. Anchee Min kemudian menulis Pearl Of China sebagai “hutang” atas kesalahannya di masa lalu terhadap Buck

Secara keseluruhan novel ini luar biasa. Humornya halus dan menggelitik. Intrik politik dalam buku ini cukup kental, terutama mengenai isu Cina pada masa Mao yang sangat membenci Amerika. Endingnya cukup memuaskan. Kelemahan dari buku ini menurut saya pribadi adalah ceritanya agak sedikit bertele-tele. Secara overall, buku ini menawarkan satu sudut pandang yang bagus dalam mengenal budaya Cina.

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)