Menunggu 30 Juni 2011

Nomor Peserta : 111-30-03523
Nama : Delmar Zakaria F
Kelompok Ujian : IPA
Pilihan 1 : Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor
Pilihan 2 : Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor
Saya sungguh berharap kabar baik menghampiri saya dan teman-teman seperjuangan yang lain pada tanggal 30 juni nanti...  Aamiin Yaa Allah milkysmile

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Kenangan Blog Lama

Pindah rumah kesini dari blog lama berarti juga memindahkan widget dari blog lama ke sini. Ternyata oh ternyata ada banyak sekali kenangan-kenangan indah yang ketinggalan di rumah lama. *sedih sekali Photobucket

Saya baru engeh kalo partner utama dalam menyimpan link yang saya pakai, blogrolling.com, udah berhenti beroperasi sejak November 2010. Sedih banget secara saya banyak banget naro link temen-temen blogging saya tahun 2008 dulu. Dan link itu lenyap, entah kapan pihak blogrolling.com kembali menghidupkan servisnya. Semoga link-link saya tidak lenyap Ya Allah. *penuh harap milkysmile

Dulu tahun 2008 ketika baru pertama kali bikin blog, rasanya seru banget. Karena oh karena blog waktu itu emang bener-bener dibuat murni untuk kepentingan pribadi tanpa embel-embel materi. Jaman dulu yang make AdSense punya Google masih jarang (saya make tapi frustrasi duitnya ga nambah-nambah) udah gitu jaman dulu orang bikin blog masa bodo dengan yang namanya SEO. Hampir semua blog dulu isinya hal-hal pribadi dan karena yang ditulis merupakan kehidupan pribadi, blogger saat itu terasa sangat dekat.

Angkatan 2008 seinget saya adalah angkatan yang mencetuskan Pesta Blogger yang pertama. Dulu saya sempet pengen ikut sama temen-temen SMP saya yang blogger juga, tapi karena menjelang UN SMP alhasil jadi nggak bisa ikut.

Setelah vakum karena masuk SMA, saya lost contact sama temen-temen blogger yang lain. Mba Unieq di Makassar (apa kabar dikau mbak?), Kesehatan Gigi (ini orang dokter gigi domisilinya seinget saya di Bali), Ntahla di Malaysia. O-om, Mas Gusna, Mas Bilal, KOLOR BOLONG (entah ini nama aslinya siapa) dan lain-lain. Yang paling deket sama Mba Unieq, waktu itu tahun 2008 dia mau lanjutin kuliah S2 Psikologi di UI, terus tanya-tanya ama saya yang tinggal di Jakarta. Cerita-cerita kalo dia cemburu berat sama orang-orang Jakarta karena di Makassar jarang ada bookfair ga kayak di Jakarta. Huuu kangen banget ama Mbak Unieq. 

Yang lainnya meskipun ga kenal secara pribadi tapi kami tetep sering berkomunikasi, kunjungan balik, blogwalking. Satu perbedaan dengan masa sekarang adalah dulu ga ada yang namanya BOT! Ga ada yang namanya orang nge-junk di shoutbox orang lain. Ga ada promosi bisnis-bisnis sialan. Semuanya murni karena kita butuh link kita ditaro di blog orang lain buat nambah-nambah temen. Dulu udah dikenal SEO tapi kayaknya sedikit banget yang peduli ama hal-hal kayak begitu.

A little fact about my first blog :
1. Pernah masuk peringkat 19 TOP SERATUS. TOP SERATUS ini adalah direktori blog-blog dengan kunjungan terbanyak di Indonesia. Setiap bulannya ada seratus blog yang masuk daftar ini. Kalo ga salah ini terjadi di bulan November 2008
2. Pernah masuk peringkat 300-an di direktori blog dunia (lupa alamatnya apaan). Walaupun agak sangsi juga sih karena algoritma ngitungnya yang kurang jelas
3. PageRank Google sampai saat ini ditulis udah sampe angka 3. Ga nyangka banget, padahal naikin jadi angka 1 aja susahnya bukan main
4. Total kunjungan sampai tulisan ini ditulis udah nyentuh angka 5700-an (and still counting)
5. Punya akun Google AdSense tapi ga pernah nambah saldonya. Frustrasi berat deh ngurusin ginian. Terakhir kalo ga salah $0.00 *zzzzzzz

Saya sungguh berharap bisa semangat blogging lagi. Nyari temen baru lagi. Senang-senang lagi dengan blog baru ini. milkysmile

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Bertualang Ke Tiga Negara

Judul : Ranah 3 Warna
Penulis : Ahmad Fuadi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jenis Novel : Novel Indonesia, Fiksi
Cetakan : I : Januari 2011
Tebal Buku : 469 halaman
ISBN : 978-979-22-6325-1

Ranah 3 Warna adalah buku kedua dari rangkaian trilogi Negeri 5 Menara yang ditulis dan disarikan dari pengalaman hidup Ahmad Fuadi. Negeri 5 Menara adalah salah satu novel Indonesia yang naskahnya sudah diterjemahkan dan diterbitkan di negara lain, yakni Malaysia.

Buku ini bercerita tentang kehidupan Alif setelah lulus dari pondok pesantren Pondok Madani. Meski bersekolah di sekolah agama, Alif tidak menghapus mimpinya untuk belajar di perguruan tinggi. Tantangan pertama yang harus dihadapi Alif adalah kenyataan bahwa ia tidak memiliki ijazah SMA karena Pondok Madani tidak mengeluarkan ijazah SMA. 

Belum lagi ia harus melawan ribuan orang dalam memperebutkan kursi UMPTN. Bagaimana nasib Alif selanjutnya? Akankah ia hanya berpangku tangan meratapi nasib yang tak kunjung kasihan terhadap dirinya?

Ranah 3 Warna mewakili tiga negara yang berbeda yang dijajaki oleh Alif bersama Si Hitam –sepatu kesayangannya-. Ketiga negara itu disimbolkan dalam kover buku Ranah 3 Warna. Indonesia disimbolkan dengan rerumputan mewakili tanahnya yang kaya akan humus. Yaman disimbolkan dengan pasir yang mewakili gersangnya daerah gurun, dan terakhir Kanada disimbolkan dengan guguran daun maple merah yang juga menjadi simbol bendera Kanada.

Opini saya pribadi, buku ini sangat cocok dibaca ketika kekurangan semangat hidup, dan sangat tidak cocok untuk orang-orang yang berniat bunuh diri -_____- *kalo baca ini bunuh dirinya kemungkinan besar batal

Kenapa oh kenapa? Karena mantra “Man shabara zhafiraa” benar-benar terbukti. Setelah membaca buku ini kita akan menyadari bahwa ada kemudahan bersama dengan kesulitan yang kita temui.

Kekurangan dalam buku ini adalah ceritanya terlalu cepat. Petualangan melintasi tiga negara tampaknya tidak cukup dituang ke dalam satu buku. Overall buku ini tres bien! Untuk level novel lokal, nama Ahmad Fuadi masih bisa jadi jaminan sebuah karya. 

Man shabara zhafiraa – Siapa yang bersabar akan beruntung

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Info Ujian dan Penerimaan Mahasiswa PTN Pasca SNMPTN 2011

SNMPTN 2011 resmi berakhir. Tapi bukan berarti tak ada jalan lain menuju perguruan tinggi negeri favorit. Masih banyak jalan menuju Roma. Setidaknya masih ada beberapa jalur ujian mandiri universitas yang diselenggarakan setelah SNMPTN berakhir.

Berikut adalah beberapa jalur yang (mungkin) dapat Anda coba untuk mengejar mimpi Anda untuk kuliah di universitas negeri :

1. SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) (http://simak.ui.ac.id/)
2. UMB PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi) (http://www.spmb.or.id/)
3. SM ITS (Seleksi Masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) (http://smits.its.ac.id/)
4. UTM IPB (Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor) (http://utm.ipb.ac.id/)
5. SMUP UNPAD (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) (http://smup.unpad.ac.id/)
6. UM UNDIP (Ujian Masuk Universitas Diponegoro) (http://um.undip.ac.id/)

Karena saya tinggal di pulau Jawa, jadi informasi yang saya punya hanya dari perguruan tinggi di pulau Jawa. Ayo semangat meraih kursi di PTN! =)

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Alih Fungsi!

Karena tema resensi buku saya rasa terlalu sempit, maka blog ini resmi dialihfungsikan!
Terhitung hari Minggu, 5 Juni 2011 maka blog ini kembali reborn! *ya ampun reborn mulu -____-

Mari berharap agar blog ini bisa menjadi penyegar di antara sekain banyaknya blog sampah yang main-main dengan script, alih-alih meningkatkan SEO malah ga ada gunanya buat orang lain

Semoga jejak-jejak yang saya tinggalkan di sini dapat bermanfaat bagi orang lain dan dapat menjadi tabungan amal saya di akhirat kelak. Aaamiin =)


Gajah mati meninggalkan gadingnya. Kalau manusia yang mati?
Mereka mati meninggalkan budi baiknya dan jejak yang ditulisnya

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)