Persamaan Hak Hitam dan Putih

Judul : To Kill A Mockingbird
Penulis : Harper Lee

Penerbit : Qanita
Jenis Novel : Novel Terjemahan, Fiksi
Cetakan : I : Maret 2006
Tebal Buku : 533 halaman
ISBN : 978-979-3269-78-8

To Kill A Mockingbird adalah satu-satunya karya Harper Lee yang diterbitkan dan menjadi karyanya yang sangat fenomenal. Tercatat sebagai Novel Terlaris Sepanjang Masa versi Guiness Book of World Records sejak diterbitkan di dunia tahun 1960.

Bercerita dari sudut pandang Scout Finch, seorang anak tomboy yang hidup di lingkungan Alabama, Amerika Serikat. Scout hidup bersama ayahnya Atticus Finch dan Jem Finch, kakaknya.

Atticus Finch adalah seorang pengacara sederhana yang disegani di lingkungan masyarakatnya. Kondisi keluarga Finch berubah total ketika Atticus memutuskan untuk membela Tom Robinson, seorang negro miskin yang dituduh memperkosa Mayella Ewell. Ayahnya, Bob Ewell bersaksi bahwa ia melihat Tom memperkosa Mayella.

Setting novel ini adalah masa ketika isu rasis antara warga kulit hitam dengan kulit putih sedang marak. Dengan keputusan Atticus yang tetap bersikukuh bahwa Tom tidak bersalah, maka kehidupan mereka berubah total. Jem dan Scout seringkali diejek oleh teman-temannya sebagai nigger lover (pecinta negro). Dalam buku ini, digambarkan bahwa masyarakat menganggap orang berkulit hitam adalah sampah masyarakat.

Namun demikian, Atticus dalam persidangan sebagai pengacara Tom Robinson berhasil memukau dengan argumentasinya membela kliennya. Dalam periksa silang yang dilakukan, seluruh bukti menyatakan bahwa Tom tidak bersalah. Namun demikian, hakim berkehendak lain. Tom tetap dinyatakan bersalah dan divonis hukuman penjara.

Jem dan Scout yang menyaksikan persidangan tidak mengerti bagaimana seseorang yang tidak bersalah tetap dijatuhi hukuman. Alasannya hanya satu, karena Tom adalah seorang negro. Tom Robinson akhirnya mati tertembak ketika mencoba kabur dari penjara.

Atticus mengajarkan Scout tentang nilai-nilai kehidupan. Bahwa bagaimanapun, seorang kulit hitam juga manusia, dan berhak mendapatkan hak yang sama dengan kulit putih.

Judul novel ini diambil dari ucapan Atticus ketika melihat mockingbird. Dalam budaya mereka, membunuh mockingbird adalah dosa besar, karena mockingbird diciptakan untuk bernyanyi menghibur manusia dan tidak pernah membawa kerusakan. Mockingbird adalah metafora untuk menggambarkan Tom Robinson yang seolah ‘dibunuh’ haknya hanya karena dia negro.

To Kill a Mockingbird tercatat sebagai novel terlaris di dunia sejak dirilis tahun 1960. Terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. Berkat kisah indahnya, Harper Lee memenangkan Pulitzer Awards 1961 dan dianugrahi Presidential Medal of Freedom 2007.

Novel ini telah diangkat menjadi sebuah film, dan mendapat anugrah Film Terbaik Sepanjang Masa untuk genre Drama Pengadilan oleh The American Film Institute.

POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Writing is never about knowing, it is about caring and sharing :)